Ciri Kanker Serviks Pada Wanita


Kanker serviks atau yang biasa dikenal juga sebagai kanker mulut rahim menjadi momok bagi kaum perempuan karena sering kali ciri kanker serviks ketika sudah menyerang tubuh tidak terdeteksi dengan seksama dan mengakibatkan penderita baru bisa ditangani ketika kondisi nya sudah parah. Kanker serviks menjadi pembunuh wanita terbesar di dunia yang setiap menitnya merenggut nyawa tanpa belas kasihan. Karena itu, sebelum penyakit ini bersarang di tubuh kita, para wanita sebaiknya sadar diri untuk memeriksakan dirinya dan mengamati apabila ada kejanggalan yang dirasakan pada organ kewanitannya yang memang menjadi sasaran utama kanker serviks yang mematikan ini. 

Kenali Ciri Kanker Serviks Sedini Mungkin

Jangan pernah sepelekan apa pun yang mungkin berubah dari diri Anda terutama masalah organ kewanitaan yang memang menjadi saluran utama tempat kanker serviks ini akan bersarang nantinya. Menjaga organ kewanitaan saja tidak cukup untuk menghindari diri dari kemungkinan terkena penyakit ini. Tentu saja selain harus mengetahui ciri kanker serviks dan gejala nya Anda juga harus paham apa saja penyebab kanker ini sehingga bisa dihindari sedini mungkin. Penyebab penyakit ini karena adanya virus yang bernama human papiloma virus dan saat ini sudah tersedia vaksin bagi Anda yang ingin terbebas dari penyakit kanker berbahaya ini. Yang membuat virus ini menjadi mengerikan adalah karena bisa pindah dan menyebar sangat cepat bahkan hanya melalui sentuhan kulit dan tidak hanya melalui cairan. Berhati-hatilah saat Anda sedang menggunakan toilet di tempat umum karena bisa menjadi sarang virus berbahaya ini jika toilet tersebut tidak dalam keadaan yang bersih. Kekurangan vitamin C, vitamin E dan juga asam folat serta perokok aktif memperbesar peluang terkena penyakit kanker serviks ini. Nah, bagaimana dengan ciri kanker serviks itu sendiri?
  • Perdarahan pada saat berhubungan intim disertai rasa sakit yang aman sangat 
  • Keputihan yang berlangsung lama dan tidak normal karena berbau busuk serta adanya darah yang ikut keluar
  • Mengalami rasa nyeri pada daerah pinggul 
  • Saat buang air kecil diikuti dengan rasa nyeri atau rasa sakit
  • Keluarnya darah yang cukup banyak dan lama saat sedang dalam masa menstruasi
  • Jika sudah semakin parah maka salah satu paha akan bengkak, kehilangan nafsu makan, pendarahan, berat badan turun drastic dan kesusahan saat akan buang air kecil


Cegah kanker serviks dengan tidak gonta ganti pasangan dan tidak melakukan hubungan seksual di usia yang masih sangat dini serta jika mengalami salah satu dari beberapa ciri kanker serviks yang ada diatas harap segera memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis kandungan sehingga bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut lagi.