Cara Diet Tanpa Sakit


Cara diet dewasa ini semakin banyak metodenya. Namun, dari semua metode yang ada tidak jarang ada yang salah dalam memahami tujuan diet yang sesungguhnya. Diet yang tujuan utamanya menurunkan berat badan melalui pengaturan pola makan dan pola hidup sehat kadang-kadang dipahami sebagai proses menurunkan badan dengan menahan rasa lapar hingga tidak makan sama sekali. Akibatnya, tidak sedikit orang yang gagal diet maupun yang sakit gara-gara diet tersebut. Penurunan berat badan dengan diet sendiri untuk mendapatkan tubuh yang sehat terbebas dari obesitas, dengan tubuh lebih langsing sebagai nilai plusnya.

Oleh karena itu, dalam berdiet Anda diharuskan mengenali terlebih dahulu tubuh Anda. Berapa berat ideal Anda seharusnya dan bagaimana kondisi kesehatan tubuh saat ini. Anda harus menyesuaikan cara atau program diet yang Anda pilih yang tidak mengganggu kesehatan tubuh tersebut. Misalnya, Anda memiliki masalah dengan lambung yang membuat Anda harus makan setiap jam-jam tertentu. Makan dalam diet bukan sesuatu yang dilarang, justru Anda tetap harus makan. Hanya saja ada aturan mainnya. Misalnya, makanan yang dimakan harus tinggi serat, mengganti sumber karbohidrat, atau mengurangi asupan makanan manis dan goring-gorengan. Aturan makan sehat yang tidak akan membuat Anda tersiksa.

Cara Diet Sehat Anjuran Ahli Gizi

Ahli gizi merupakan salah satu pakar yang paham dalam diet. Mereka pun memiliki cara diet yang disarankan agar diet Anda berhasil tanpa harus membahayakan kesehatan tubuh.  

Pertama, Anda tidak disarankan untuk diet ekstrem. Biasanya diet ekstrem adalah diet yang benar-benar tidak mengkonsumsi kalori sedikitpun karena takut dietnya sia-sia. Diet ini termasuk tidak wajar. Dibandingkan tubuh cepat langsing, Anda akan lebih cepat sakit. Banyak orang yang berniat melakukan diet mati-matian ini. Sayangnya, hanya sebagian kecil saja yang berhasil karena di tengah jalan tubuhnya merasa tidak kuat. Mengkonsultasikan pilihan diet Anda dengan ahli gizi sangat disarankan.

Kedua, metode diet dengan menggeser waktu makan pagi atau sarapan Anda merupakan cara diet ideal. Penurunan berat badan dapat berjalan dengan lebih cepat seiring dengan lebih cepatnya proses pembakaran lemak menjadi energy tersebut. Anda bisa menggeser jam makan pagi Anda sejam lebih awal. 

Terakhir, perhatikan jumlah kunyahan Anda sebelum menelan makanan. Sebaiknya, jumlah kunyahan diperbanyak. Semakin banyak jumlah kunyahannya, makanan pun semakin lembut. Selanjutnya, pada proses pencernaan pun akan semakin mudah. Proses diet ini akan semakin berjalan dengan baik jika Anda melengkapinya dengan konsumsi air putih yang cukup. Cara sederhana ini mungkin tidak pernah Anda dengar sebelumnya. Bahkan cenderung disepelekan. Padahal proses mengunyah ini sangat berpengaruh bagi kesehatan termasuk sakit maagh. Cara untuk diet yang sehat adalah cara diet yang peduli pada kesehatan tubuh bukan hanya bentuknya.