Tips Merawat Kesehatan Organ Wanita


Kesehatan organ wanita sangat penting untuk dijaga serta dirawat. Ternyata, untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan juga bukanlah masalah sepele. Cara merawat yang salah akan berdampak buruk. Dalam hal ini, Anda sebaiknya benar-benar memahami bagaimana cara merawat organ intim kewanitaan Anda agar selalu sehat dan berfungsi secara normal. ada beragam masalah yang muncul terkait organ wanita. Salah satu masalah yang paling sering dihadapi para wanita adalah keputihan. Keputihan sebenarnya bukanlah masalah yang mengerikan selama cairan keputihan yang keluar bersifat normal, seperti tidak berbau, tidak berwarna kuning kehijauan, ataupun menimbulkan gatal serta iritasi. Para wanita hendaknya mengetahui cara yang tepat untuk menjaga organ kewanitaan mereka dengan baik dan tepat.

Tips Merawat Kesehatan Organ Wanita

Dalam menjaga kesehatan organ wanita, Anda sebaiknya tidak sembarangan. Meskipun vagina wanita memiliki mekanisme tersendiri dalam membersihkan diri, namun vagina juga sangat sensitif terhadap bakteri ataupun kotoran dari luar yang bisa menimbulkan masalah ataupun infeksi dan jamur. Untuk mencegah timbulnya infeksi jamur pada organ wanita, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

Anda sebaiknya memperhatikan kebersihan vagina Anda terutama setelah buang air kecil dan besar. cara membersihkan vagina setelah buang air kecil dan besar adalah dengan menyiramkan air dari arah vagina ke anus. Bila Anda melakukan dengan cara sebaliknya, ini bisa memberikan peluang kuman yang ada di anus ikut ke vagina. Setelah membersihkan dengan air, Anda sebaiknya mengeringkan vagina dengan menggunakan handuk ataupun tisu. Dalam hal ini, Anda sebaiknya mengeringkan area organ kewanitaan dengan cara yang lembut serta memilih bahan handuk yang lembut juga. Anda harus mengingat bahwa area organ kewanitaan merupakan area yang sensitif.

Selain mengetahui cara membersihkan vagina dengan baik, Anda sebaiknya juga memahami bahwa wanita diberikan keistimewaan dengan adanya darah haid yang datang tiap bulannya. Banyak wanita malas mengganti pembalut mereka karena aktivitas yang dimiliki. Hal ini tentu bisa menyebabkan daerah organ intim menjadi lembab. Area yang lembab sangat disukai jamur. Bila Anda tidak ingin jamur menginfeksi area kewanitaan Anda, Anda sebaiknya rajin mengganti pembalut Anda terutama di hari-hari darah keluar banyak. Hal ini dilakukan guna mencegah jamur, bakteri, ataupun kuman bersarang di pembalut ataupun area kewanitaan yang dalam kondisi lembab.

Menjaga kesehatan organ wanita memang bukan hal yang sulit dilakukan. Hanya saja, Anda harus melakukannya dengan telaten dan serius. Selain melakukan perawatan dari luar, Anda sebaiknya juga membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan sehat. Anda sebaiknya juga memiliki pola dan gaya hidup sehat dengan memiliki waktu istirahat yang cukup, menghindari rokok dan alkohol, dan beberapa gaya hidup yang kurang sehat lainnya. Anda bisa mencari informasi tentang makanan apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan organ wanita.