Mengenal Kanker Getah Bening


Kanker getah bening adalah jenis kanker yang menyebabkan gangguan pada kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening atau KGB sendiri adalah kelenjar yang memiliki peran penting dalam sistem pertahanan tubuh. Kelenjar ini dilapisi oleh kapsul fibrosa yang berisi jaringan pembentuk pertahanan tubuh. Pada kelenjar getah bening terjadi penyaringan antigen atau protein asing dari pembuluh getah bening yang melewatinya. Pembuluh-pembuluh limfe akan mengalir menuju kelenjar getah bening sehingga terjadi proses respon balik atas kehadiran antigen di dalam tubuh yang sifatnya kadang membahayakan. Terdapat lebih dari 600 kelenjar getah bening yang tersebar di berbagai bagian di tubuh. Bagian-bagian tubuh tersebut antara lain adalah di daerah submandibular, ketiak, dan lipat paha.

Yang dimaksud dengan kanker KGB sendiri sebenarnya mengacu pada kelompok kanker yang terjadi pada bagian ini. Limfoma atau kanker KGB mengacu pada suatu kondisi dimana terjadi sel-sel kanker pada sistem limfatik yang terjadi saat beberapa sel darah putih yang disebut dengan limfosit menjadi abnormal. Keberadaan limfosit abnormal tersebut akan memabahayakan tubuh sendiri atau bersifat kanker. Faktanya terdapat sekitar 30-40 kelompok kanker yang masuk dalam kelompok kanker getah bening. Jadi, jenis kanker ini bukan merupakan jenis kanker tunggal. Umumnya, kanker KGB dibedakan menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah non-Hodgkin lymphoma, sedangkan kelompok kedua adalah Hodgkin lymphoma. Non-Hodgkins adalah kelompok kanker KGB yang paling umum ditemui.

Kenali Gejala dan Penyebab Kanker Getah Bening

Meskipun membahayakan, Anda bisa menghindari resiko fatal terkena penyakit ini dengan deteksi sejak dini. Kenali gejala-gejala dan penyebab kanker KGB sehingga Anda senantiasa bisa melakukan pengecekan sejak awal. Tanda-tanda kanker kelenjar getah bening antara lain adalah anemia, gatal-gatal, merasakan gejala mirip flu, kehilangan selera makan, hingga berat badan menurun drastis. Sedangkan penyebabnya antara lain adalah paparan polusi, penggunaan anti depresan Tricyclic, formaldehida atau formalin, hingga paparan pestisida. Dengan mengetahui penyebab kanker jenis ini, tentu harapannya Anda juga bisa menghindarkan diri Anda dari bahaya kanker KGB. Meskipun, jenis kanker ini termasuk kanker yang ganas, Anda tetap bisa sembuh asalkan memiliki keteguhan hati dan pengobatan yang berkualitas.

Cara pengobatan kanker ini sendiri sangat beranekaragam. Kondisi tubuh Anda dan stadium kanker yang diderita akan menjadi penentu dokter memberikan treatment yang sesuai. Bisa jadi Anda diharuskan kemoterapi hingga berbagai treatment lainnya. Yang jelas, Anda harus bersabar selama proses pengobatan. Jangan mudah tergoda dengan penawaran pengobatan dari sumber yang tidak jelas. Percayakan kesehatan Anda pada mereka yang ahli seperti dokter. Kalaupun Anda merasa tidak yakin dengan dokter yang menangani Anda, carilah second opinion dari dokter lain. Dengan demikian, peluang Anda mendapatkan pengobatan kanker getah bening yang baik bisa Anda dapatkan.