Cara Menjaga Kesehatan Untuk Ibu Hamil


Semua orang tentu tahu bahwa kehamilan merupakan anugerah paling mulia yang bisa didapatkan seorang perempuan. Oleh karenanya kesehatan untuk ibu hamil menjadi sebuah subjek yang harus diperhatikan, baik oleh sang ibu maupun oleh sang suami yang menemani ibu. Artikel ini akan membantu Anda mengenali beberapa hal yang harus dilakukan guna menjega kesehatan ibu hamil. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memperhatikan beberapa hal yang harus dilakukan selama masa kehamilan, dan ini termasuk:

  1. Ibu hamil bisa tetap melakukan aktivitas sehari-hari, dengan catatan ia juga mengimbanginya dengan olahraga secara teratur. Kendati demikian, seorang ibu hamil harus menjaga kondisi fisik tubuhnya, dalam arti jangan sampai terlalu capek. 
  2. Ketika makan, usahakan untuk menggunakan garam beryodium atau makan makanan yang mengandung jenis garam tersebut. 
  3. Menginjeksikan suntikan jenis TT sebanyak 2 kali selama berlangsungnya masa kehamilan. 
  4. Memeriksa kondisi janin dan tubuh secara rutin. 
  5. Meminum sejumlah suplemen yang mengandung zat besi guna mencegah pendarahan ketika melahirkan. 

Begitulah beberapa hal yang harus dilakukan selama berlangsungnya masa kehamilan. Perlu dicatat bahwa kesehatan untuk ibu hamil tidak hanya soal melakukan kelima hal yang disebut di atas. Apa yang lebih penting untuk dicatat kemudian adalah sejumlah pantangan yang tidak boleh dilakukan selama masa kehamilan. 

Kesehatan Untuk Ibu Hamil: Beberapa Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan


Pantangan untuk ibu hamil ada banyak, dan semuanya tentu saja berhubungan dengan kesehatan untuk ibu hamil. Berikut beberapa pantangan yang mesti dihindari oleh ibu hamil: 


  • Mandi dengan air bersuhu tinggi

Pada prinsipnya tidak ada masalah jika seorang ibu hamil mandi air hangat, namun sebaiknya air yang digunakan dimasak dalam suhu yang tepat, atau tidak terlalu panas. Terlalu sering mandi/berendam dengan air panas akan berbahaya bagi kesehatan janin. 

  • Makan terlalu sedikit

Jangan makanan terlalu sedikit. Ibu hamil seharusnya makan dalam porsi yang normal serta variatif. Tidak ada larangan makan bagi ibu hamil. 

  • Minum minuman beralkohol serta merokok. Keduanya sangat buruk bagi ibu hamil. 
  • Memakai sepatu hak tinggi

Berbahaya bagi ibu hamil untuk memakai sepatu hak tinggi, sebab bakal membahayakan serta meningkatkan resiko  dan trauma pada janin. Seperti Anda tahu, sepatu berhak tinggi beresiko sebab membuat seseorang gampang terpeleset dan jatuh. 

  • Meminum kopi

Jangan meminum kopi yang mengandung kafein, sebab bisa membuat seseorang mudah gelisah, bisa meningkatkan tekanan darah, serta meningkatkan denyut jantung. 

Menjaga kesehatan untuk ibu hamil pada dasarnya bukanlah pekerjaan sulit, sebab apa yang perlu dilakukan hanyalah mematuhi beberapa pantangan serta hal-hal yang boleh dilakukan, seperti yang sudah disebutkan di atas.