Kenali Penyebab Kanker Otak


Waspadai penyebab kanker otak untuk menjauhkan Anda dari resiko penyakit ini. Kanker otak merupakan salah satu jenis penyakit membahayakan yang berpotensi diderita siapa saja. Jenis penyakit ini mengacu pada munculnya sel-sel kanker pada bagian organ otak. Yang dimaksud dengan sel-sel kanker sendiri adalah kumpulan sel yang mengalami pertumbuhan di luar pertumbuhan sel pada umumnya. Pertumbuhan kumpulan sel yang abnormal ini beresiko menyebabkan gangguan pada bagian tempat ia tumbuh sehingga sangat membahayakan. Apalagi, bila ia berada pada bagian tubuh yang tergolong vital seperti otak. Karenanya, sangat penting bagi semua pihak untuk mengenal dasar-dasar penyakit kanker otak. Pengetahuan mendasar seperti penyebab penyakit kanker otak bisa meminimalisir orang bersangkutan agar terhindar dari penyakit ini.

Apa Saja Penyebab Kanker Otak?

Ada beberapa jenis penyebab terjadinya penyakit kanker otak. Penyebab pertama adalah kemunculan sel-sel tumor pada bagian otak atau pada bagian-bagian di sekitarnya. Jenis penyakit tumor otak seperti ini disebut dengan penyakit tumor otak primer yang bisa berkembang menjadi penyakit kanker otak. Kemunculan sel-sel tumor sendiri bisa terjadi akibat kesalahan/mutasi pada saat sel sedang membelah. Mutasi pada dasarnya biasa terjadi saat pembelahan sel. Akan tetapi, kesalahan mutasi umumnya bisa diperbaiki atau efeknya tidak terlalu membahayakan. Pada kasus terjadinya kanker otak, mutasi yang terjadi memiliki efek yang membahayakan dan tidak bisa diperbaiki sehingga menyebabkan tumbuhnya sel-sel tumor yang bisa berkembang dan menjadi penyebab kanker otak.

Penyebab kedua terjadinya penyakit kanker otak adalah hadirnya sel-sel kanker dari bagian tubuh lain. Kehadiran sel-sel ini umumnya terjadi akibat aliran darah dan berbagai cairan di dalam tubuh lainnya. Kala sel-sel kanker tersebut sampai di otak, ia beresiko menyebabkan timbulnya kanker baru di otak. Sel-sel tersebut akan menyebabkan tumor otak sekunder yang bisa berkembang menjadi penyebab kanker otak. Jenis kanker yang umum menimbulkan serangan tumor sekunder pada otak adalah kanker payudara, kanker kolon atau usus besar, kanker ginjal, kanker paru-paru, dan melanoma. Penderita jenis kanker di atas, sebaiknya selalu rutin mengecek kesehatan otak ke dokter untuk memastikan organ vital tersebut tidak diserang.

Faktor resiko penyebab penyakit kanker otak sendiri beranekaragam. Faktor pertama adalah usia. Semakin bertambah usia seseorang, maka semakin rentan pula ia terkena kanker otak. Namun ini tidak menutup kemungkinan tumbuhnya kanker otak pada mereka yang masih muda. Faktor kedua adalah paparan radiasi. Beberapa jenis radiasi seperti radiasi terapi dan bom atom berpotensi besar menyebabkan kanker otak. Paparan radiasi bisa mempengaruhi terjadinya mutasi yang menjadi salah satu penyebab munculnya sel-sel kanker. Selain radiasi dan usia, faktor turunan juga menjadi faktor yang patut diwaspadai. Memiliki riwayat keluarga penderita kanker merupakan alarm bagi Anda, dimana faktor genetika memegang peran penting menjadi penyebab kanker otak.