Penyebab Kanker Rahim yang Wajib Perempuan Ketahui


Kenali beberapa jenis penyebab kanker rahim sehingga Anda bisa terhindar dari jenis penyakit ini. Rahim atau uterus adalah organ vital yang harus Anda lindungi sebagai seorang perempuan. Sebab, faktanya, kanker rahim menjadi salah satu momok penyakit menakutkan yang berkontribusi besar pada angka kematian kaum hawa. Yang dimaksud dengan rahim sendiri adalah bagian dalam sistem reproduksi manusia yang terletak di bagian pelvis. Rahim memiliki fungsi vital pada proses kewanitaan seperti mempengaruhi produksi hormon dan sebagai tempat menempel dan berkembangnya janin. Pada bagian ini, zigot atau gabungan sperma dan sel telur akan menempel setelah sebelumnya berada di ovarium. Selanjutnya zigot akan berkembang dan menjadi buah hati yang kita sayangi.

Penyakit kanker rahim mengacu pada suatu kondisi dimana pada bagian rahim terdapat pertumbuhan abnormal kumpulan sel yang cenderung membahayakan. Kanker rahim bukan hanya akan menyerang rahim. Jenis kanker seperti ini bisa berakibat fatal karena bisa menyerang organ lain seperti otak. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda, terutama kaum hawa untuk mengetahui penyebab kanker rahim. Meskipun demikian, sayangnya hingga hari ini belum diketahui dengan jelas apa yang menjadi penyebab jenis kanker ini. Hanya diketahui beberapa faktor resiko yang diduga meningkatkan potensi Anda terkena penyakit ini. Meskipun hanya berupa faktor resiko, namun pengetahuan ini tetap penting bagi Anda agar tidak terkena jenis penyakit ini.

Faktor Resiko Penyebab Kanker Rahim

Faktor resiko pertama adalah ada tidaknya hyperplasia. Hyperplasia adalah suatu kondisi pertumbuhan berlebihan pada bagian endometrial. Persentase Anda menderita kanker rahim akan bertambah bila Anda terbukti mengalami kondisi hyperplasia. Faktor resiko kedua adalah obesitas. Perempuan dengan berat badan yang berlebihan akan membuat dirinya lebih rentan terkena jenis penyakit kanker ini. Sedangkan faktor resiko yang ketiga adalah menstruasi sebelum usia 12 tahun. Bila Anda mendapatkan menstruasi sebelum usia 12 tahun tersebut, Anda patut waspada terhadap penyakit kanker rahim termasuk penyebab kanker rahim. Hindari faktor resiko penyakit kanker yang umum seperti paparan radiasi membahayakan.

Selain ketiga faktor resiko di atas, masih ada beberapa faktor resiko penyebab penyakit kanker rahim yang lain. Menopause setelah usai 55 tahun, riwayat keluarga, terapi, dan mengkonsumsi tamoxifen adalah faktor resiko kanker lain yang harus Anda waspadai. Meskipun Anda tidak bisa melakukan apa-apa pada beberapa jenis faktor resiko tersebut, namun Anda bisa melakukan langkah pencegahan. Misalnya, bila Anda memiliki saudara yang menderita penyakit ini, Anda wajib rajin check up ke dokter. Anda mungkin tetap tidak akan pernah tahu pasti apa yang menjadi penyebab kanker rahim, namun setidaknya Anda senantiasa waspada dengan kemungkinan terburuk.