Ciri-ciri Kanker Tenggorokan


Pernah merasa tidak nyaman atau merasa ada sesuatu di dalam tenggorokan Anda, jangan sampai diabaikan siapa tahu itu adalah salah satu ciri kanker tenggorokan yang sedang mengintai Anda? Ada banyak sekali jenis kanker yang kerap kali menyerang tubuh manusia dan membuat rasa dan harapan hidup seketika menipis karena label kanker yang kerap kali menjadi momok karena tidak bisa disembuhkan. Padahal, kanker pun masih bisa sembuh jika ditangani sejak awal dan oleh tenaga medis yang berkompetent di bidang kanker tersebut. Hanya saja, terkadang kita cenderung mengabaikan gejala atau ciri dari kanker tersebut sehingga ketika terdeteksi menjadi sebuah kanker disaat sudah stadium lanjut dan terlambat. 

Mengenal Kanker Tenggorokan

Salah satu jenis kanker yang tidak juga boleh kita abaikan begitu saja adalah kanker tenggorokan. Kanker ini juga kerap kali disebut dengan nama penyakit kanker tiroid. Kondisi yang kerap kali disepelkan adalah karena ciri rasa tidak nyaman pada tenggorokan sering dianggap sebagai gejala panas dalam biasa atau karena kurang nya asupan vitamin C. Padahal Anda perlu waspada jika pada bagian leher atau tenggorokan Anda terasa seperti ada benjolan yang cukup mengganggu pada saat Anda akan menelan makanan apalagi jika sampai membuat suara Anda terdengar berubah dan menjadi aneh. Berikut ada beberapa ciri dari kanker tenggorokan yang perlu Anda ketahui:
  • Adanya bintilan kecil pada leher Anda
  • Ada benjolan di hidung Anda yang cukup mengganggu
  • Benjolan di dasar leher Anda yang selama 1 minggu tidak juga mengalami pengempesan bahkan menyebar dan bertambah banyak
  • Perubahan suara menjadi serak tanpa adalah penyakit influenza sebelum nya
  • Kesulitan saat harus menelan makanan dalam bentuk yang padat atau bahkan menelan air minum 
  • Ketika menelan makanan dan timbul rasa sakit tiba-tiba pada bagian telinga dalam Anda
  • Batuk parah selama 2 minggu namun tidak kunjung sembuh bahkan setelah minum obat batuk
  • Adanya perdarahan yang keluar dari mulut, hidung dan telinga Anda
  • Berat badan turun dengan drastic padahal Anda tidak sedang dalam program diet

Apa yang harus Anda lakukan jika sudah mendapati gejala dan cirri diatas? jangan tunggu lebih lama untuk segera memeriksakan diri ke dokter spesialis karena akan dilakukan pemeriksaan pada tenggorokan Anda juga pita suara jika suara Anda sudah mulai berubah. Jika kemudian ditemukan adanya tumor atau malah sudah berkembang menjadi kanker maka akan ditentukan sakit Anda berada pada stadium berapa yang kemudian akan menentukan jenis dan metode pengobatan yang harus Anda tempuh untuk bisa hidup dan sehat kembali serta sembuh dari kanker tenggorokan yang berbahaya.