Apa Penyebab dan Gejala Kanker Tulang Belakang?


Kanker tulang belakang merupakan salah satu kanker yang menyerang tubuh manusia. Sesuai dengan namanya, kanker ini menyerang bagian tulang belakang pada tubuh. Penyakit ini biasanya bisa dirasakan ketika seseorang dalam usia lanjut. Meski demikian, tak menutup kemungkinan mereka yang berusia masih muda bahkan anak-anak juga bisa terindikasi kanker ini. Ketika seseorang mendapati dirinya terkena kanker tulang termasuk kanker tulang belakang ini, mereka hendaknya bisa segara melakukan suatu penanganan dan pengobatan untuk mencegah penyebaran sel kanker semakin luas. Kanker ini menyerang bagian tulang yang bila dibiarkan tentu akan merusak tulang belakang bahkan menjadi keropos. 

Penyebab Kanker Tulang Belakang

Faktor yang menyebabkan munculnya kanker tulang belakang ada dua macam yaitu primer dan sekunder. Kanker tulang belakang yang bersifat primer sangat jarang terjadi karena jenis kanker ini muncul dari tulang tersebut. Belum ada suatu penelitian yang bisa menunjukkan penyebab kanker primer ini. Kanker primer ini terjadi pada tulang itu sendiri dan menyebar pada tulang lain tanpa menyebar ke organ-organ lainnya sebagaimana berbagai jenis kanker lainnya. Ketika seseorang terkena kanker primer, mereka bisa meningkatkan kandungan kalsium dalam tubuh dengan mengonsumsi susu kalsium tinggi dan berbagai makanan yang tinggi kalsium. Dengan kandungan kalsium tinggi, tulang bisa menjadi lebih kuat dan menjaga tulang yang belum terserang kanker memiliki daya tahan lebih kuat untuk menolak. 

Faktor lain yang menjadi pemicu kanker tulang belakang adalah faktor sekunder. Berbeda dengan kanker primer yang berasal dari tulang itu sendiri, kanker sekunder berasal dari sel kanker dari organ lain seperti kanker paru-paru. Kanker paru-paru yang semula menyerang paru-paru mengalami penyebaran hingga ke tulang dan menjadi kanker tulang. Kanker sekunder ini jauh lebih berbahaya dibandingkan kanker primer karena penyebarannya bisa ke berbagai organ lain. Ketika kanker sudah menyebar maka daya tahan dan performa tubuh akan semakin lemah.

Gejala Kanker Tulang Belakang

Banyak orang kurang menyadari gejala awal kanker tulang belakang ini karena biasanya muncul rasa nyeri pada tulang belakang ataupun leher yang diduga akibat kelelahan. Adanya serangan kanker pada tulang belakang juga menyebabkan kondisi tubuh seseorang menjadi lemah dan tidak sanggup untuk melakukan berbagai pekerjaan. Pada tahapan selanjutnya, gejala kanker yang muncul adalah mati rasa pada tulang. Kondisi akan semakin buruk ketika ia mengalami kelumpuhan. Pada tahapan ini seseorang berada kondisi yang sudah cukup parah bahkan mendekati tahapan yang berujung pada kematian. 

Bila Anda merasakan rasa nyeri pada punggung ataupun leher terutama bila rasa nyeri tersebut tidak biasa, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter guna mengetahui gejala apa yang Anda rasakan. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk mencegah adanya kanker pada tulang belakang yang terlambat penanganannya. Mencegah kanker tulang adalah dengan membiasakan diri mengkonsumsi susu kalsium ataupun makanan kaya kalsium. Selain itu, Anda juga membiasakan untuk rutin berolah raga. Pencegahan amat penting untuk dilakukan sebelum semuanya terlambat dan fatal yang akhirnya membuahkan penyesalan akibat penyebaran kanker tulang belakang yang sudah sangat parah.