Tips untuk Diet Ibu Menyusui


Bagi para ibu yang baru melahirkan dan memasuki masa-masa menyusui, mereka biasanya mencari informasi dan tips untuk diet ibu menyusui. Banyak ibu yang baru melahirkan ingin berupaya untuk mengembalikan berat badan mereka seperti sebelum hamil. Namun, tak sedikit ibu menyusui yang merasa kesulitan dalam memilih diet untuk menurunkan berat badan dalam masa-masa menyusui karena mereka juga ingin memberikan ASI berkualitas untuk anak mereka. Para ibu menyusui merasa galau ketika dihadapkan pada persoalan ini. Di satu sisi, mereka ingin terlihat langsing dan cantik. Di sisi lain, mereka takut asupan yang masuk tidak mampu memenuhi kebutuhan tubuh dan bayinya. Lalu apakah ada diet khusus bagi ibu yang menyusui?

Tips untuk Diet Ibu Menyusui

Dalam menurunkan berat badan bagi ibu hamil tentu banyak hal yang harus diperhatikan karena ini akan menyangkut kualitas ASI dan asupan bagi si kecil yang disusuinya. Tips untuk diet ibu menyusui mungkin sedikit berbeda dengan program diet yang biasa dijalani kebanyakan orang. Program diet untuk ibu menyusui sebaiknya tidak dengan cara mengurangi kalori makanan. Hal ini akan memberikan pengaruh pada kualitas dan jumlah ASI. Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan ibu menyusui adalah dengan cara berikut ini:

Anda sebaiknya tetap menyusui bayi. Dengan proses penyusuan, tubuh ibu akan memproduksi hormon yang dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, proses penyusuan ternyata juga mampu membakar kalori ibu sehingga ibu menyusui bisa menurunkan berat badannya.

Dalam memilih makanan, Anda sebaiknya memilih makanan-makanan yang kaya akan serat seperti sayuran dan buah. Selain itu, Anda sebaiknya juga memilih asupan karbohidrat kompleks seperti nasi, roti, singkong, dan lainnya. Bila Anda menyukai konsumsi susu, Anda sebaiknya memilih susu rendah lemak ataupun susu skim. 

Salah satu faktor yang bisa memicu kenaikan berat badan di masa modern seperti saat ini adalah adanya berbagai makanan cepat saji. Kebanyakan makanan cepat saji mengandung berbagai bahan pengawet, pemanis, dan lainnya yang kurang bik untuk kesehatan dan memicu kenaikan berat badan. Anda sebaiknya mengurangi bahkan kalau memang perlu menghindari makanan cepat saji tersebut. Ini tidak akan membantu Anda dalam proses penurunan berat badan tetapi juga lebih menyehatkan. 

Dalam tips untuk diet ibu menyusui, Anda sebaiknya juga melakukan olahraga secara rutin. Dengan berolahraga secara teratur, Anda tak hanya bisa membakar lemak tetapi juga bisa melancarkan peredaran darah sehingga badan lebih sehat dan bugar.

Ketika Anda dalam masa menyusui, Anda bisa memiliki lebih banyak kesempatan untuk menurunkan berat badan karena Anda bisa menghabiskan banyak waktu untuk bermain bersama anak yang ikut berkontribusi dalam membakar kalori. Dalam menjalani program diet selama masa menyusui, Anda sebaiknya senantiasa menjaga asupan makanan Anda dengan menu seimbang serta olahraga teratur. Ini menjadi salah satu tips untuk diet ibu menyusui yang mudah dan menyehatkan.