Mengenal Penyakit Kanker Hati


Penyakit kanker hati mengacu pada suatu kondisi dimana pada organ hati terdapat sel-sel yang tumbuh secara tidak normal. Sel-sel tersebut tumbuh tidak terkontrol dan menjadi sebuah kanker yang membahayakan kelangsungan hidup. Jenis penyakit kanker ini sendiri ada beberapa macam. Terdapat penyakit kanker yang asalnya dari organ hati dan penyakit kanker yang asalnya dari luar organ hati. Penyakit kanker liver yang berasal dari sel kanker di luar organ hati disebut dengan metastatic liver cancer. Kondisi ini terjadi saat sel-sel kanker pada bagian tubuh yang lain memasuki aliran darah dan berhenti di organ hati. Jenis kanker yang bisa menyebabkan hal ini antara lain kanker payudara, kanker ovarium, kanker ginjal, kanker pancreas, kanker lambung, hingga kanker paru-paru. 

Dilihat dari tempat pertumbuhan selnya, terdapat dua jenis sel kanker liver. Jenis sel kanker yang pertama disebut dengan sel kanker hepatocellula carcinoma. Sel kanker tersebut tumbuh pada bagian di luar jaringan hati. Sedangkan jenis sel kanker yang kedua disebut dengan cholangiocarcinoma. Jenis sel kanker tersebut tumbuh pada bagian di dalam jaringan organ hati. Keduanya sama-sama patut diwaspadai. Penyakit kanker hati sendiri memang sering dianggap sebagai momok menakutkan. Tidak heran pasien yang didiagnosa akan mengalami rasa putus asa, kaget, dan berbagai perasaan negatif lainnya. Namun dengan penanganan yang tepat, seorang pasien kanker jenis ini pun berpeluang sangat besar tetap bisa menjalani kehidupannya layaknya orang normal.

Penyebab Penyakit Kanker Hati

Selain disebabkan adanya kehadiran sel-sel kanker yang menyerang organ tubuh yang lain, penyakit kanker jenis ini juga bisa disebabkan adanya kerusakan pada organ hati itu sendiri. Terjadinya parut pada hati beresiko memicu tumbuhnya sel-sel kanker hati. Adanya parut pada organ hati sendiri bisa disebabkan oleh beberapa sebab. Penyakit liver kronis atau jangka panjang adalah salah satu penyakit yang bisa menimbulkan parut pada hati atau cirrhosis. Cirrhosis bisa muncul akibat jenis penyakit hati seperti hepatitis B dan hepatitis C. Kebiasaan yang beresiko menyebabkan penyakit ini sendiri adalah konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan. Hati sebagai penangkal racun harus bekerja ekstra keras kala Anda mengonsumsi alkohol yang bersifat racun bagi tubuh.

Beberapa paparan dari faktor lain juga berpotensi menimbulkan jenis penyakit kanker ini. Menurut penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of California, San Diego School of Medicine, ditemukan fakta bahwa penggunaan jangka panjang triclosan bisa menimbulkan resiko kanker pada tikus. Triclosan sendiri adalah suatu bahan yang umum digunakan pada sabun dan deterjen. Meskipun penelitian tersebut hanya dilakukan pada tikus, namun tentu saja hasil penelitian itu harus diwaspadai sebagai alarm awal untuk menghindari penyakit kanker hati.