Syukuri Nikmat Sehat dengan Mempertahankan Kesehatan


Kesehatan merupakan nikmat dari Tuhan yang harus disyukuri. Cara mensyukurinya pun mudah, yaitu dengan cara mempertahankannya. Namun, cara mempertahankan yang begitu mudah dan membuat tubuh Anda akan merasa lebih nyaman tersebut sering kali dianggap susah. Kesibukan dengan setumpuk pekerjaan menjadi salah satu hambatannya. Pekerjaan membuat Anda lupa waktu untuk makan, olahraga, dan tidur. Akhirnya bukan hanya tubuh yang terkuras tenaganya, tapi juga pikiran. Padahal, jika Anda melakukan kegiatan tersebut dengan cara teratur tanpa melupakan ada tubuh yang harus dihargai nilai sehatnya, pekerjaan akan lebih cepat selesai. Pikiran lebih segar, sehingga berbagai ide baru bisa Anda dapatkan.

Masalah dengan bentuk tubuh impian pun menjadi salah satu masalah umum lainnya. Banyak yang memimpikan memiliki tubuh ideal dengan melakukan diet dengan pemahaman yang salah. Diet yang diartikan sebagai menjaga pola makan tersebut dipahami dengan tidak makan sama sekali. Akhirnya, bukan tubuh ideal yang didapatkan tapi penyakit. 

Kesehatan Berperan dalam Hidup Bahagia

Makan merupakan salah satu faktor penting yang berperan dalam kesehatan. Tubuh kita akan mendapatkan nutrisi dari makanan yang kita makan. Oleh karena itu, makanan yang dipilih harus yang memiliki gizi seimbang. Pola makan harus teratur. Lebih baik Anda makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Sebaiknya, porsi makanan juga diatur. Tidak terlalu banyak tapi tidak juga kurang. Selain menjauhkan tubuh dari berbagai macam penyakit seperti maagh hingga diabetes, cara ini bisa menjaga bentuk tubuh Anda tetap ideal.

Sejak dahulu, madu dikenal sebagai sumber pemanis alami yang lebih baik jika dibandingkan gula. Madu pun mengandung berbagai kandungan yang berperan dalam menjaga tubuh agar tetap sehat dan segar, terbebas dari berbagai macam penyakit. Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, konsumsi madu secara rutin, minimal sekali sehari. Madu pun bisa Anda gunakan untuk menjaga kulit dan rambut agar tetap sehat,  dengan menjadikannya sebagai masker.

Jangan remehkan olahraga. Olahraga akan membantu proses pembakaran lemak jahat di dalam tubuh. Selain itu, dengan olahraga Anda pun akan menjaga sistem metabolisme tubuh agar bekerja lebih baik. Olahraga akan menjaga kesehatan berbagai macam sistem organ mulai dari pernafasan hingga organ reproduksi.  Olahraga pun akan membuat Anda lebih nyenyak ketika beristirahat di malam hari. Pilihan olahraga saat ini juga bermacam-macam. Anda bisa memilih olahraga yang menurut Anda fun dan sesuai dengan kemampuan. Namun, untuk olahraga yang berhubungan dengan keseimbangan tubuh, yang dapat menghindarkan Anda dari masalah stress, gangguan tidur, dan emosi bisa memilih yoga. Hiburan memang sangat penting guna mencegah stress. Anda bisa liburan, jalan-jalan, termasuk berkumpul bersama keluarga. Lakukan kegiatan ini minimal sebulan sekali.

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, Anda pun bisa berpuasa. Puasa biasa dilakukan umat Islam, puasa wajib di bulan Ramadhan dan puasa sunah di berbagai kesempatan khususnya hari Senin dan Kamis. Namun, Anda yang bukan agama Islam pun tetap bisa melakukannya. Puasa terbukti secara medis mampu menjaga tubuh agar tetap sehat dan segar, terhindar dari berbagai macam penyakit, menyembuhkan penyakit, dan mengeluarkan berbagai racun di dalam tubuh atau disebut dengan detoksifikasi. 

Terakhir, sempurnakan kegiatan menjaga tubuh agar tetap sehat tersebut dengan menjadi kebersihan badan dan lingkungan. Tidak malas mandi dan mencuci tangan. Bersihkan ruangan agar terasa nyaman dan segar. Buka jendela setiap pagi agar sinar matahari dan udara yang segar bisa masuk ke dalam ruangan rumah Anda. Kesehatan yang terjaga pun akan membuat hidup Anda lebih bahagia.