Waspadai Gejala Kanker Servik dan Penanganannya


Resiko terjadinya kanker servik bukan tidak mungkin tidak terjadi pada Anda. Sebelum terlambat, tentu akan lebih baik bila Anda mengantisipasinya dengan pencegahan yang benar. Salah satu langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari tahu apa penyebab kanker serviks. Dengan demikian, Anda bisa menghindari hal-hal yang sekiranya menimbulkan resiko menderita penyakit kanker ini. Salah satu penyebab kanker serviks adalah infeksi HPV pada bagian serviks. HPV atau atau Human Papillomavirus adalah kelompok virus yang anggotanya terdiri dari sekitar 150 virus terkait yang penularannya umum terjadi saat berhubungan intim. Kebiasaan gonta-ganti pasangan seksual menjadi hal yang wajib Anda hindari bila tidak ingin menderita penyakit ini. Apalagi, bila Anda melakukan hubungan seks tidak sehat atau tanpa pengaman.

Mekanisme terjadinya kanker serviks karena Human Papillomavirus sendiri diawali dengan infeksi pada bagian serviks. Infeksi akibat HPV tersebut akan memicu terjadinya cervical dysplasia atau pertumbuhan tidak normal pada bagian serviks. Pertumbuhan abnormal tersebut dalam kondisi tertentu bisa berubah menjadi ganas sehingga sangat membahayakan bagi kesehatan. Selain kebiasaan hubungan seksual yang berganti-ganti dan tidak aman, kebiasaan lain yang bisa mengakibatkan penyakit ini adalah merokok. Baik perokok pasif atau aktif, Anda berpotensi lebih besar menderita kanker servik dibanding mereka yang bebas dari asap rokok. Karenanya, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan seperti itu agar tidak menyesal di kemudian hari.

Sedini Mungkin Waspadai Gejala Kanker Servik

Selain mengetahui penyebab-penyebab penyakit kanker servik, ketahui pula tanda-tanda atau gejala penyakit ini. Gejala yang umum ditemui pada penderita kanker servik adalah pendarahan tidak biasa pada vagina (bukan menstruasi), pendarahan pada wanita menopause, rasa sakit pada bagian pelvis yang tidak biasa, dan rasa sakit yang dialami kala berhubungan intim. Segera lakukan check up ke dokter spesialis bila Anda mendapati diri Anda mengalami gejala-gejala tersebut. Penanganan yang dilakukan dokter akan jauh lebih mudah kala Anda aktif melakukan deteksi dini akan penyakit kanker servik. Anda akan lebih besar berpeluang untuk selamat. Selain itu, Anda juga berpeluang lebih besar mempertahankan fungsi reproduksi Anda untuk tetap bisa mengandung dan melahirkan buah hati. 

Pada dasarnya, Anda juga bisa melakukan langkah pencegahan yang lebih efektif untuk menangani kanker ini. Anda bisa meminta vaksinasi pada dokter yang bersangkutan. Mintalah vaksin yang bisa mencegah terjadinya infeksi atas HPV. Dengan cara ini, Anda bisa meminimalisir resiko penyakit kanker serviks. Kalaupun Anda sudah terlanjur menderita penyakit ini, Anda juga tidak perlu risau. Ada banyak alternatif pengobatan yang bisa dilakukan dokter. Dengan keteguhan untuk sembuh dan perawatan yang memadai, kesempatan Anda untuk sembuh dari kanker servik dan kembali seperti sedia terbuka sangat lebar.