Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita


Kesehatan reproduksi sangat penting untuk dijaga baik dari dalam maupun luar. Organ reproduksi akan menunjang kehidupan dan proses reproduksi seseorang bisa berjalan dengan normal. kondisi yang baik dan normal tersebut tentu tak hanya cukup dengan menjaganya sehingga bebas dari berbagai penyakit tetapi juga berguna untuk memiliki sebuah kehidupan yang nyaman dan aman. Dengan melihat betapa pentingnya organ reproduksi wanita, banyak wanita mencari cara untuk menjaga kesehatan organ reproduksinya. Berikut ini kita juga akan mencoba berbagai tips cara menjaga kesehatan reproduksi khususnya wanita.

Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Beberapa wanita kurang menyadari betapa pentingnya menjaga organ reproduksi mereka termasuk organ luar seperti vagina. Padahal organ intim merupakan organ yang sangat sensitif bila terkena rangsangan dari luar baik itu kotoran ataupun virus sehingga bila kita tidak berhati-hati dalam menjaganya maka ini bisa menimbulkan masalah nantinya. Tips pertama yang berguna untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita khususnya vagina adalah dengan membiasakan diri untuk membersihkannya setelah buang air kecil maupun besar. cara membersihkan area vagina sebaiknya dengan menyiramkan air dari arah depan ke belakang agar kotoran ataupun kuman yang ada pada bagian anus tidak masuk ke area vagina. Selain itu, dalam membersihkan area vagina sebaiknya menghindari penggunaan sabun karena ini akan menyebabkan kekeringan bahkan iritasi. Penggunaan sabun khusus vagina juga tidak dianjurkan untuk digunakan secara terus menerus.

Selain itu, dalam menjaga kesehatan reproduksi wanita, ketika seorang wanita haid, mereka sebaiknya sering mengganti pembalut terutama pada hari-hari di mana darah haid yang keluar cukup banyak dan deras. sebagaimana kita ketahui bahwa kuman dan bakteri sangat menyukai daerah yang lembab seperti darah sehingga keberadaan darah haid yang ada pada pembalut bisa menjadi sarang kuman ketika tidak sering diganti. Di luar hari haid, wanita seringkali mendapatkan keputihan akibat berbagai faktor seperti kecapekan, stress, ataupun lainnya. Keputihan tersebut sangat wajar bagi wanita. Anda sebaiknya membiasakan untuk rajin mengganti celana dalam pada masa ini. Bila Anda ingin lebih praktis, Anda bisa memilih untuk menggunakan panty liner sehingga ketika Anda sudah merasa lembab dan nyaman, Anda bisa mengganti panty liner tanpa harus mengganti celana dalam Anda.

Tips lain yang berguna untuk menjaga kesehatan organ reproduksi adalah dengan membiasakan untuk membersihkan organ intim sebelum melakukan hubungan seksual baik suami ataupun istri. Kebersihan alat reproduksi tentu akan meningkatkan kualitas hubungan seksual suami istri. Dalam menjaga kesehatan serta kebersihan organ reproduksi sebenarnya tidak membutuhkan obat perawatan khusus ketika beberapa langkah di atas bisa diikuti dengan bijak. Obat perawatan untuk organ reproduksi sebaiknya hanya digunakan bila terjadi masalah dan hendaknya juga sesuai dengan instruksi dokter. Membiasakan diri untuk menjaga kebersihan organ reproduksi akan sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan reproduksi secara optimal.