Apa Itu Komplikasi Asam Urat dan Beberapa Kasus Yang Sering Terjadi


Komplikasi asam urat adalah istilah yang kerap dipakai untuk menyebut adanya gangguan kesehatan atau penyakit lain yang muncul akibat dari kadar asam urat di dalam tubuh yang cukup tinggi. Meskipun belum jelas apakah memang benar adanya hubungan antara asam urat dan berbagai penyakit tersebut, namun banyak studi yang telah menyebutkan adanya hubungan antara kadar asam urat tinggi dengan beberapa jenis penyakit. 

Komplikasi Asam Urat Yang Sering Terjadi


Beberapa Komplikasi Asam Urat


  • Batu Ginjal

Asam urat di dalam tubuh akan dibuang atau dikeluarkan dalam wujud air seni melalui organ ginjal. Pada saat – saat tertentu, asam urat atau gout mengendap di dalam organ tersebut, terutama saat kadarnya sudah sangat tinggi. Pada umumnya, endapan asam urat tersebut bentuknya sangat kecil sehingga dapat dikeluarkan atau dibuang secara alami saat buang air kecil. Akan tetapi, karena kadar asam urat yang ada di dalam tubuh sangat tinggi, endapan akan menjadi sulit untuk dibuang karena secara terus menerus menumpuk di ginjal, Secara otomatis, ukurannya pun akan menjadi lebih besar dan akan sulit dikeluarkan. Hal itulah yang kemudian menyebabkan adanya komplikasi asam urat dalam bentuk batu ginjal.

Batu ginjal tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, penderita penyakit ini pada umumnya akan mengalami nyeri yang hebat atau bahkan rasa sakit yang tidak tertahankan saat buang air kecil akibat dari terganggunya aliran urine. Jika tidak mendapatkan penanganan dengan segera, maka akan dapat mengakibatkan infeksi pada saluran kemih.

  • Tofi

Tofi adalah benjolan – benjolan yang umum muncul pada penderita asam urat. Benjolan tersebut biasanya muncul di ujung jari kaki maupun tangan. Tofi bisa muncul karena adanya endapan Kristal asam urat di bawah permukaan kulit. Meski begitu, tidak semua penderita gout atau asam urat mengalaminya, karena biasanya hanya muncul pada penderita yang sudah sangat tinggi kadar asam uratnya. 

Meskipun tofi atau benjolan tersebut tidak terasa sakit, namun seringkali muncul di tempat – tempat yang terbilang janggal. Banyak kasus yang menunjukkan bahwa benjolan tersebut dapat tumbuh di mana pun, di ujung jari kaki dan tangan, di lutut, siku, tumit, lengan bagian bawah. Bahkan, komplikasi asam urat ini pada sedikit kasus muncul di pita suara dank anal tulang belakang. Menurut studi, ketika benjolan di bawah permukaan kulit muncul, maka jumlah tofi yang ada di tulang rawan dan sendi berarti lebih banyak jumlahnya dan hal itu bisa menjadi sinyal bahaya.

  • Kerusakan sendi

Ini juga adalah penyakit atau gangguan kesehatan yang kerap muncul pada penderita asam urat akibat dari terlambatnya penanganan. Kerusakan sendi terjadi karena Kristal asam urat terus menumpuk dan membentuk tofi di dalam sendi dan tulang rawan. Hal itu lambat laun akan mengakibatkan terjadinya kerusakan sendi yang akan sangat sulit untuk ditangani. Komplikasi asam urat ini harus diwaspadai karena bisa menjadi kerusakan permanen yang sangat sulit ditangani.