Seputar Penyakit Kanker yang Perlu Anda Ketahui


Penyakit kanker adalah salah satu jenis penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi kebanyakan orang. Jenis penyakit seperti ini memiliki persentase akhir fatal yang relatif lebih tinggi dibanding jenis penyakit lainnya. Namun, dengan keyakinan diri dan dukungan pengobatan dan keluarga yang baik tentu kesempatan penderita kanker untuk sembuh terbuka sangat lebar. Kanker atau yang juga sering disebut dengan tumor malignant tumor (malignat neoplasma) sendiri mengacu pada suatu kondisi dimana terdapat jaringan yang tumbuh secara abnormal. Pertumbuhan jaringan abnormal sendiri tidak selalu berkembang menjadi kanker. Kanker hanya mengacu pada jenis tumor membahayakan yang mampu menyerang dan menyebar pada bagian lain di dalam tubuh.

Ada beberapa jenis gejala yang bisa dijadikan indikator apakah seseorang menderita kanker atau tidak. Gejala-gejala tersebut antara lain munculnya pendarahan tidak normal, batuk yang berkepanjangan, berat badan menurun drastis tanpa sebab yang jelas, kemunculan bengkak tanpa sebab pasti, hingga pergerakan pada bagian perut yang abnormal. Meskipun demikian, gejala-gejala tersebut hanya bisa dijadikan gambaran kasar apakah seseorang menderita penyakit kanker atau tidak. Sebab, bisa jadi gejala-gejala di atas disebabkan jenis penyakit yang lain. Lagipula, terdapat banyak sekali jenis kanker yang diderita manusia. Antara satu jenis kanker dan jenis kanker lainnya tentu menunjukkan gejala yang berbeda-beda. Karena itu, sangat penting bagi siapapun untuk selalu cek kesehatan ke dokter sebagai langkah pencegahan.

Penyebab, dan Perawatan Penyakit Kanker

Sebagaimana gejala kanker, penyebab kanker pun bermacam-macam jenisnya. Bahkan, beberapa jenis kanker masih belum diketahui penyebabnya dengan pasti. Namun demikian, Anda masih bisa melakukan langkah antisipasi dengan menjauhi faktor resiko penyakit kanker. Beberapa faktor resiko jenis penyakit ini antara lain paparan radiasi, faktor genetika atau keturunan, bertambahnya usia, kebiasaan buruk seperti merokok, hingga jenis konsumsi makanan yang tidak sehat. Faktor-faktor resiko tersebut bisa memicu terjadinya mutasi yang menyebabkan sel tumor tumbuh hingga berkembang menjadi kanker. Mutasi sendiri pada umumnya tidak jarang ditemui pada saat sel normal sedang membelah. Namun pada kasus kanker, terjadi mutasi membahayakan yang tidak bisa diperbaiki dengan mekanisme biasa.

Untuk mengobati jenis penyakit ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Setiap cara disesuaikan dengan jenis kanker dan stadium yang diderita. Namun pada umumnya, Anda akan mengenal penyembuhan menggunakan obat, kemoterapi, hingga operasi. Ketiga cara di atas bisa dikombinasikan sehingga penderita bisa segera tumbuh. Untuk memilih jenis pengobatan yang tepat, sebaiknya Anda menyerahkan pada ahlinya. Kalaupun Anda tidak yakin Anda bisa meminta second opinion pada dokter lain. Hindari melakukan pengobatan kanker pada mereka yang tidak ahli. Bisa jadi, penyakit kanker Anda bukannya sembuh namun malah bertambah parah.