Diet Alami tanpa Obat-obatan Membuat Tubuh Sehat


Jika Anda ingin memiliki tubuh ideal yang sehat, diet alami adalah pilihan yang tepat. Memasukkan obat-obatan pelangsing ke dalam tubuh bisa mengakibatkan efek samping yang jika terjadi dalam waktu yang lama, bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang berat. Cara yang paling tepat untuk menurunkan berat badan adalah dengan merubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat. Tubuh akan bereaksi secara alami terhadap perubahan yang terjadi sehingga berat badan akan menuju normal secara otomatis tanpa merusak keseimbangan tubuh. Bagaimanakan melakukan gaya hidup sehat? 

Diet Alami dengan Perubahan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat adalah pola hidup sehat secara keseluruhan yang bisa menjaga tubuh tetap sehat. Pola makan yang sehat dilakukan dengan cara memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi yang cukup untuk tubuh baik dari makanan maupun minuman yang masuk ke dalam tubuh, lalu mencegah masuknya bahan-bahan berbahaya bagi tubuh. Kata kunci dalam diet alami adalah “cukup”. Ingatlah bahwa masing-masing pribadi memiliki kebutuhan energi dan nutrisi yang berbeda. Orang yang banyak melakukan aktivitas fisik tentunya memerlukan asupan nutrisi yang lebih banyak daripada orang yang hanya berdiam diri di rumah. Berarti, kita harus mengetahui kebutuhan energi dan nutrisi bagi  tubuh kita. 

Berkonsultasi dengan ahli gizi sangat disarankan agar Anda bisa mengetahui pola makan terbaik bagi Anda. Secara umum, pola makan rendah karbohidrat dan rendah lemak adalah pilihan diet alami yang bisa dilakukan. Namun, jangan diartikan hal tersebut sebagai penghilangan karbohidrat dan lemak sama sekali dari menu. Tubuh tetap membutuhkan asupan karbohidrat dan lemak yang baik. Beras tumbuk, beras merah, roti gandum, dan oat adalah pilihan karbohidrat baik. Jaga porsinya tetap kecil sekitar satu atau setengah cangkir saja setiap kali makan. Pilihan lemak baik adalah kacang-kacangan, alpukat tanpa tambahan gula, dan ikan. Lengkapi menu dengan sayur-sayuran, daging tanpa lemak, buah-buahan, dan produk susu tanpa lemak. Makanlah secara teratur tiga kali sehari dengan dua kali snack. 

Selain pola makan, pola aktivitas juga harus dirubah menjadi lebih sehat. Berolahraga secara teratur dan beristirahat dengan cukup sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan tubuh dan membakar lemak berlebih dalam tubuh. Olahraga yang dilakukan tidak harus olahraga berat dan mahal. Latihan kardio seperti jalan cepat dan berlari di ruang terbuka hijau adalah pilihan sehat dan murah. Untuk membentuk tubuh, bisa dilakukan latihan angkat beban atau latihan-latihan yang berhubungan dengan peregangan tubuh seperti yoga dan pilates. Setelah beraktivitas, jangan lupa untuk beristirahat dan tidur lelap dalam waktu yang cukup sekitar 7-8 jam setiap hari. 

Merubah gaya hidup sehat dilakukan secara keseluruhan baik dari pola makan, pola aktivitas, maupun pola istirahat yang dilakukan terus menerus dari pagi hingga pagi lagi sepanjang hidup Anda. Diet alami dengan merubah pola makan sehat adalah satu bagian yang harus dilakukan bersamaan dengan gaya hidup sehat lainnya.