Pencegahan Kanker Mata


Penyakit kanker mata merupakan penyakit yang terjadi pada retina dimana retona merupakan area paling penting pada mata sebagai pemantul cahaya. Kanker mata sendiri terdiri dari berbagai jenis yang berbeda tergantung dari penyebabnya. Ada kanker mata yang merupakan penyakit keturunan dimana ada riwayat penyakit yang sama di dalam keluarga tersebut sebelumnya. Akan tetapi, penyakit mata tidak selalu disebabkan oleh faktor keturunan saja namun ada juga faktor-faktor lain yang ikut menyebabkan timbulnya penyakit mata salah satunya adalah paparan sinar ultraviolet. 

Gejala Kanker Mata

Sebelum lebih jauh mengetahui mengenai cara mencegah kanker mata, sebaiknya pahami lebih dulu gejalanya sehingga Anda bisa cepat dan tanggap jika menemukan gejala seperti itu. Untuk memahami gejalanya, sebaiknya pahami dulu mengenai dua jenis kanker pada mata yaitu kanker yang disebabkan oleh keturunan atau retinoblastoma atau kanker yang terjadi karena penyebab lain seperti paparan sinar UV atau yang disebut dengan melanoma. Kanker melanoma umumnya ditandai dengan kaburnya penglihatan dan warna pada iris mata mulai berubah atau menjadi berbintik-bintik. Selain itu maka juga akan menjadi iritasi yang ditandai dengan adanya kemerahan serta rasa perih. Karena gejala-gejala tersebut mata Anda menjadi melotot dengan sendirinya. Untuk kanker retinoblastoma, gejala yang bisa dikenali adalah mata juling dan pupil menjadi putih. Sama seperti tipe sebelumnya, jenis sakit mata ini pun menimbulkan rasa pedih serta kemerahan. Yang paling parah adalah gejala itu semua bisa berakibat pada kebutaan.

Setelah mengetahui gejalanya, sekarang Anda bisa mempelajari cara mencegahnya. Yang paling penting dan paling utama adalah memelihara pola makan yang baik dan sehat setiap hari. Makanan yang sehat tidak harus mahal. Anda bisa makan sayur dan buah setiap hari untuk melengkapi menu harian Anda. Kanker mata bisa dideteksi sejak awal kehadirannya dengan cara melakukan pemeriksaan. Setelah mengetahui ciri-cirinya, Anda juga perlu memperhatikan keadaan mata agar Anda bisa melakukan penanganan dini jika ada gejala-gejala yang Anda rasakan. Jika Anda pengguna soft lens, sebaiknya soft lens tidak selalu dipakai karena soft lens menghalangi mata untuk tetap bisa bernafas.

Jadi jika memang tidak diperlukan, Anda bisa melepas softlens agar mata terhindar dari debu dan iritasi. Mata juga akan terlihat lebih sehat tanpa memakai mito. Ada salahnya jika Anda juga melihat spesifikasi yang ampuh untuk memberikan soflens. Untuk bepergian ke luar rumah sebaiknya Anda memakai kacamata agar mata benar-benar terlindung secara maksimal terlebih lagi saat memakai helm. itulah beberapa pilihan  cara mengajar dan ternyata masih bisa. Masih banyak lagi tips yang Anda ketahui sehingga persiapan Anda untuk mencegah penyakit kanker mata pun bisa dilakukan secara maksimal.