Kesehatan Tubuh dipengaruhi Pola Hidup Modern


Kesehatan tubuh setiap individu wajib dipertahankan. Tubuh yang tidak dijaga, memiliki resiko yang tinggi dalam infeksi penyakit dan perkembangannya pun lebih cepat. Di jaman sekarang, hal tersebut juga semakin menakutkan karena didukung dengan gaya hidup modern yang menunjang segala sesuatu menjadi lebih praktis dan membuat tingkat malas dalam setiap diri individu lebih tinggi. Mulai dari makanan cepat saji, berbagai alat komunikasi, hingga pekerjaan yang saat ini bahkan bisa dilakukan dengan hanya duduk-duduk malas saja di rumah. Berbagai aktivitas yang memicu penyakit dengan resikonya yang tidak main-main. Sebut saja penyakit diabetes, darah tinggi, jantung, kanker, hingga stroke. Semua berakibat pada kematian jika gaya hidup ini terus Anda lakukan walaupun Anda melakukan pengobatan paling mahal sekalipun.

Niatkan Menjaga Kesehatan Tubuh Sejak Dini

Menghindari berbagai penyakit dengan menjaga pola hidup sehat bisa Anda lakukan sejak dini. Pencegahan penyakit lebih cepat untuk resiko terinfeksi penyakit lebih kecil. Memulai menjaga kesehatan tubuh bisa Anda mulai dengan bangun pagi. Bangun pagi akan membuat tubuh Anda lebih bugar dan segar. Anda akan terhindar dari sifat malas. Segera mandi setelah bangun, buka jendela kamar Anda dan nikmati udaranya. Selain itu, tambahkan olahraga pagi dalam jadwal harian Anda bisa dengan sit up, push up, renang, jalan kaki, atau lari pagi. Namun, jika Anda terlalu sibuk dan terburu-buru di pagi hari, olahraga seperti jalan kaki, lari, atau renang tersebut bisa Anda lakukan di sore hari. Sedangkan sit up dan push up bisa Anda lakukan sebelum tidur. Kegiatan olahraga ini, dalam sehari minimal Anda lakukan selama 30 menit. Lakukan secara rutin dan biasakan.

Kemudian, lanjutkan dengan sarapan sehat. Sebaiknya, sarapan tidak dengan nasi sebagai sumber karbohidratnya. Anda bisa menggantinya dengan roti gandum atau sereal yang lebih sehat. Sumber karbohidrat ini bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Lengkapi juga sarapan Anda dengan sayur, buah, dan susu.  Jika jarak rumah dan tempat kerja Anda dekat dan mampu dicapai dengan jalan kaki, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan kendaraan. Jalan kaki atau bersepeda akan membuat Anda lebih sehat dan tidak ketergantungan pada kendaraan. Untuk naik ke lantai ruangan atas, sebaiknya Anda juga mulai menggunakan tangga. 

Saat bekerja, Anda tetap bisa menjaga kesehatan tubuh dengan tidak terlalu banyak duduk. Lakukan gerakan ringan saat bekerja yang melatih otot leher, tangan, bagian punggung, dan kaki agar Anda terhindar dari pegal-pegal. Berjalan-jalan sebentar di sekitar ruangan Anda selama beberapa menit juga bisa menjadi cara agar badan Anda tetap sehat. Di sela pekerjaan, saat Anda haus sebaiknya Anda mulai mengganti kebiasaan minum kopi dengan air putih atau jus segar. Begitu juga untuk kebiasaan buruk lainnya seperti merokok. 

Ketika waktu makan tiba, sebaiknya jangan karena lapar Anda melahap segala macam. Makanlah dalam porsi secukupnya. Sebaiknya, Anda tidak makan sampai benar-benar kenyang. Terlalu berlebihan saat makan akan membuat Anda sakit di bagian lambung dan ngantuk. Makan makanan yang lebih banyak seratnya dibanding yang banyak lemaknya. Hindari makanan cepat saji. 

Malam, waktu dimana Anda berisitirahat sebaiknya Anda tinggalkan pekerjaan Anda sejenak dan teruskan di pagi hari. Jangan sampai Anda memporsir tenaga untuk bekerja karena itu artinya Anda juga sedang memporsir pikiran Anda. Anda beresiko stress dan tidak merasa nyaman ketika beristirahat. Sebiknya, Anda tidur di bawah jam 12 malam untuk metabolisme tubuh yang maksimal agar bangun di pagi hari dengan tubuh yang lebih fit. Cara menjaga kesehatan tubuh ini sangat mudah asal Anda memang berniat ingin melakukannya.