Cara Diet Yang Sehat Menggunakan Bahan Sehari-Hari di Rumah


Cara diet yang sehat sebenarnya sangat mudah dilakukan, terutama untuk siapa saja yang mendambakan tubuh yang sehat dan bertenaga. Pada dasarnya, diet sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang ditemukan di rumah setiap harinya. 

Dibandingkan harus menggunakan obat diet dari bahan kimia berbahaya, yang alih-alih membuat badan Anda tampil sempurna, malah membuat penyakit ke depannya. Tak perlu lagi Anda percaya dengan bahan-bahan kimia yang diam-diam mematikan, karena pada dasarnya Anda sudah memiliki bahan diet yang Anda butuhkan di rumah, tak percaya? Baca terus tips tentang cara diet yang sehat di bawah ini. 

Cara Diet Yang Sehat dan Tepat 

Ada beberapa menu diet yang mulai sekarang harus Anda masukkan ke dalam daftar menu makanan diet Anda, yang antara lain adalah: roti, sereal, gandum, buah, sayuran, susu rendah lemak, kedelai, daging rendah lemak, ikan serta kacang karbohidrat yang terdapat pada roti. 

Mulai saat ini, coba berhenti ketergantungan terhadap nasi. Karena kebanyakan mengonsumsi nasi akan berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda. Gantilah dengan menggunakan gandung dan sereal sebagai fondasi dari setiap asupan makanan dan protein sebagai pelengkapnya. Jika Anda sebelumnya tak terlalu sering memakan asupan buah-buahan, maka dari sekarang usahakan ada menu buah di rumah Anda. Selain buah-buahan, juga biasakan mengonsumsi sayuran, serta kurangi mengonsumsi bahan makanan olahan. 

Tidak hanya mengonsumsi bahan makanan alami seperti di atas saja, jika tidak Anda dukung dengan kegiatan olahraga yang teratur, maka cara diet yang sehat yang tepat dan cepat seperti di atas tidak akan membuahkan hasil. Upayakan menyisihkan waktu 30 menit setiap harinya untuk melakukan olahraga ringan, seperti lari-lari, push up, sit up dan masih banyak olahraga ringan lainnya yang bisa Anda praktekkan untuk program diet Anda. Untuk makin melancarkan program diet Anda, maka Anda juga bisa mempraktekkan tips diet sehat terutama yang bersumber dari menu makanan Anda. Berikut ini adalah tips untuk mengonsumsi makanan sehat untuk mendukung program diet Anda. 
  • Hindari makanan berlemak dan kurangilah konsumsi karbohidrat. Kebutuhan karbohidrat dalam tubuh memang sangat penting, namun gunakan porsi yang wajar.
  • Hindari minuman berkalori, seperti minuman ringan, soda, kopi dan juga alkohol. Untuk mendukung program cara diet yang sehat, ada baiknya Anda minum air mineral minimal 8 hari sekali untuk kelancaran program diet. 
  • Jangan kurangi porsi makan Anda. Jika Anda biasanya makan sebanyak tiga kali sehari, maka jangan kurangi menjadi dua atau satu kali sehari, jika memungkinkan tambah porsi makanan Anda. Namun ingat, makanlah dengan porsi yang minim. 
  • Istirahat cukup selama 6 – 8 jam. Jangan lebih dari 8 jam untuk istirahat, karena ini juga secara tak langsung akan memengaruhi kondisi tubuh Anda. Pergunakan waktu istirahat dengan maksimal untuk mendukung program cara diet yang sehat.