Ciri-Ciri Kanker Kulit


Kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang cukup berbahaya dan seperti namanya, kanker ini terjadi pada kulit dan umumnya terjadi pada mereka yang berkulit putih. Penyebab utama kanker kulit adalah paparan sinar UV yang menyentuh kulit. Jadi meskipun Anda berkulit gelap bukan berarti kanker ini tidak bisa terjadi pada Anda. Anda yang berkulit putih patut waspada terhadap sinar UV mengingat kulit putih memiliki pelindung yang lebih sedikit terhadap sinar UV dibandingkan dengan kulit gelap. Hal ini mungkin lebih beresiko pada saat musim panas sehingga Anda harus benar-benar melindungi kulit Anda saat bepergian. Lalu apa saja gejala kanker kulit yang bisa dikenali?

Kenali Gejala Kanker Kulit

Salah satu gejala kanker kulit yang bisa Anda kenali adalah munculnya benjolan pada permukaan kulit. Benjolan ini bisa terlihat seperti tompel dan menempel pada area luar kulit. Ciri-ciri seperti ini sangat mudah ditemukan karena Anda bisa melihatnya secara langsung pada permukaan kulit Anda. segera setelah Anda menemukan benjolan Anda harus memeriksakannya ke dokter karena kemungkinan besar itu bisa saja kanker. Akan tetapi, benjolan yang menjadi gejala kanker pada kulit pun memiliki ciri-ciri yang bisa dikenali dimana ciri-ciri tersebut dapat memberikan jawaban yang lebih akurat apakah benjolan tersebut merupakan sebuah kanker atau tidak.

Benjolan yang merupakan gejala kanker kulit adalah benjolan dengan bentuk tidak teratur. Jadi benjolan tidak memiliki bentuk dan ukuran yang sama di sisi kiri dan kanan. Selain itu, di sekitar benjolan terdapat pinggiran dimana pinggiran tersebut bertekstur kasar. Benjolan yang merupakan gejala kanker umumnya berwarna kecoklatan namun warnanya tidak sama di keseluruhan benjolan. Ada gradasi dari warna, misalnya coklat tua dan muda yang berada di bagian berbeda pada pinggiran. Untuk mengenali benjolan kanker sangatlah mudah. Perhatikan juga besar dan diameternya. Benjolan kanker bisanya memiliki diameter yang cukup besar. Ada baiknya jika Anda tidak yakin apakah itu sebuah gejala kanker atau bukan, perhatikan bentuknya dari hari ke hari. Jika perlu ambillah foto dan perhatikan perubahannya.

Setelah Anda mengambil foto, jika ditemukan perubahan pada benjolan terutama pada bentuknya, maka bisa dipastikan bahwa benjolan tersebut adalah gejala kanker. Setelah mengamati bentuknya, Anda juga perlu merasakan benjolannya. Umumnya benjolan kanker terasa gatal dan pada beberapa kasus pun terasa sakit jika disentuh. Selain benjolan, perhatikan juga apabila Anda memiliki luka pada kulit namun tidak kunjung sembuh setelah sekian lama, bisa jadi itu merupakan gejala kanker. Jadi tingkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian agar Anda terhindar dari bahaya kanker pada kulit. Itulah beberapa ciri kanker kulit yang bisa dengan mudah Anda kenali untuk meningkatkan kewaspadaan.