Vitamin Mata Terbaik dari Bahan Makanan Alami


Sumber vitamin mata terbaik adalah vitamin A. Berbagai makanan dengan kandungan vitamin ini harus kita cukupi kebutuhannya agar mata tetap sehat. Kesehatan mata begitu penting untuk kita jaga. Menjaganya, artinya kita mensyukuri karunia Tuhan untuk indera penglihatan yang penting ini. Mata sebagai jendela hati akan memancarkan sinarnya ketika mata tersebut sehat. Bagian bola mata bersih dan membuat aura positif Anda keluar. Sedangkan mata yang tidak dirawat dengan baik, bola matanya cenderung tidak jernih sehingga kurang terlihat segar dalam setiap pembawaannya. 

Makanan Sehat Sumber Vitamin Mata Terbaik

Sebagai vitamin mata terbaik, mencukupi kebutuhan vitamin A lebih baik diambil dari makanan. Tidak salah jika Anda mengkonsumsi vitamin A yang praktis dijual dalam bentuk obat. Namun, karena kandungan bahan kimia dalam obat yang dijual memiliki efek samping, maka mengambil dari bahan makanan lebih aman untuk Anda konsumsi. Kandungan vitamin dalam makanan ini akan menjaga penglihatan tetap sehat dengan mata yang jernih, serta menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan mata seperti minus dan rabun.

Wortel, telah lama sayuran ini dijadikan makanan utama untuk mereka yang ingin matanya sehat. Wortel kaya akan betakaroten yang akan diubah menjadi vitamin A ketika masuk ke dalam tubuh. Selain menjaga kesehatan mata, wortel pun dapat menjaga kesehatan tubuh dari bahaya radikal bebas. Selain sayuran berwarna orange tersebut, Anda dapat mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan brokoli. Bayam kaya akan lutein, zeaxanthin, dan vitamin C. Mata Anda akan terhindar dari glaucoma yang merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti karena dapat menyebabkan kebutaan. Sama seperti bayam, brokoli juga mengandung zeaxanthin dan lutein. Keduanya memiliki fungsi yang sama seperti kacamata pelindung atau sunglasses. 

Mata Anda akan terhindar dari paparan sinar matahari. Anda pun akan terhindar dari resiko penyakit katarak. Biasanya, masakan akan diberi bawang sebagai salah satu bahannya. Memperbanyak bawang putih dalam masakan Anda juga menjadi bagian dari menjaga kesehatan mata. Di dalam bawang putih, terdapat vitamin mata terbaik untuk mata seperti B1 dan C. Ada juga kandungan lain berupa glutathione, quercetin, dan selenium untuk melindungi bagian lensa mata dari paparan sinar UV dan radikal bebasnya. Melancarkan sirkulasi darah, imunitas tubuh, dan menguatkan sel-sel opticnya.

Selanjutnya, Anda dapat mencukupi kebutuhan nutrisi untuk menjaga kesehatan mata dengan ikan salmon. Ikan ini kaya akan omega 3 yang dapat mencegah kekeringan pada mata. Ikan ini sangat baik untuk Anda konsumsi secara rutin. Anda juga dapat menggunakan telur sebagai lauk dalam makanan sehari-hari karena kandungan vitaminnya begitu lengkap. Ada vitamin A, D, dan B12. Dilengkapi juga dengan cysteine, lutein, zinc, dan zeaxanthin. Selain sebagai antioksidan, kandungan-kandungan tersebut akan mencegah penyakit katarak serta proses degenerasi macular. 

Untuk ketajaman mata, Anda juga bisa mengkonsumsi cokelat hitam atau dark chocolate yang mengandung flavonoid. Selain pembuluh darah area mata terlindungi, kornea dan retina pun jadi lebih kuat. Camilan kuaci biji bunga matahari pun menjadi pilihan yang bagus untuk Anda konsumsi karena mengandung vitamin mata terbaik yaitu vitamin E dan B2, serta zinc dan seleniumnya bermanfaat bagi pencegahan penyakit katarak dan photophobia.