Kiat Kilat Seputar Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala


Memelihara kesehatan rambut dan kulit kepala merupakan hal yang cukup penting supaya Anda bisa beraktivitas sehari-hari dengan nyaman. Yang perlu diingat dari sebuah perawatan adalah tujuan utamanya untuk meningkatkan kesehatan. Kecantikan atau kebagusan dari perawatan tersebut merupakan “bonus” yang bisa didapatkan setelah melakukan perawatan dengan baik. Rambut dan kulit kepala merupakan salah satu bagian penting yang kadang sering bermasalah. Ada yang sering mengeluhkan rambut rontok, ketombe, kering atau bahkan lepek. Kesemuanya ini akan berdampak pada ketidaknyamanan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan untuk rambut dan juga kulit kepala ini? Simak tipsnya berikut ini.

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala adalah dengan rajin melakukan keramas. Lakukan keramas minimal satu kali sehari untuk wanita. Untuk pria, keramas bisa dilakukan setiap kali mandi. Pria cenderung lebih banyak menghasilkan minyak pada kulit kepala, inilah yang menyebabkan mengapa ketombe sering menjadi masalah utama. Dengan rajin keramas, maka Anda akan terhindar dari masalah ini. Cara keramasnya pun harus diperhatikan. Jangan asal gosok, tapi lakukan pijatan lembut hingga ke bagian akar rambut. Ini akan membantu aliran darah lebih efektif juga sehingga Anda akan merasa semakin segar. Selain itu, gunakan sampo yang cocok untuk kulit kepala Anda. Pemilihan produk ini biasanya membutuhkan waktu beberapa saat hingga Anda menemukan jenis sampo yang cocok.

Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala itu Penting

Selain dengan melakukan keramas dengan teratur, Anda hendaknya juga menghindari melakukan modifikasi pada rambut terlalu ekstrem. Seperti misalnya, melakukan pengecatan rambut, melakukan pengeritingan, rebounding atau yang lainnya. Anda bisa melakukan ini dengan memberikan jeda waktu yang tepat. Terlalu sering melakukan modifikasi akan menyebabkan rambut Anda semakin buruk kondisinya. Gunakan gaya mengecat rambut tanpa menyeluruh. Hal ini dimaksudkan supaya akar rambut tidak tersumbat sehingga menghalangi proses tumbuh rambut. Selain itu, hindari terlalu sering menggunakan topi. Hal ini bisa menyebabkan kulit kepala tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Biasanya ini akan menyebabkan rambut semakin lepek dan tidak bagus.

Itulah tadi sekilas mengenai cara melakukan perawatan pada kulit kepala dan rambut. Dengan merawat rambut, Anda akan lebih nyaman untuk beraktivitas sehari-hari. Tentunya Anda tidak ingin menciptakan “hujan salju” alias ketombe yang terlalu banyak, bukan? Apalagi sekarang ini adalah jaman dimana sudah banyak produk perawatan rambut. Apabila sampai rambut Anda memiliki kutu, sungguh keterlaluan rasanya. Jangan ragu untuk selalu melakukan pembersihan. Hal ini penting untuk menghindari berbagai masalah pada rambut dan kulit kepala. Rajinlah melakukan perawatan rambut dan kulit kepala sehingga kesehatan rambut dan kulit kepala bisa terjaga dengan baik.