Menjaga Kesehatan Mata Sejak Dini


Menjaga kesehatan mata merupakan kewajiban setiap individu. Mata merupakan indera penglihatan yang penting. Tanpa mata, mustahil kita dapat melihat indahnya alam ciptaan Tuhan ini. Artinya, selain menjaga mata agar tetap sehat, merawat kesehatan mata juga menjadi bagian dari rasa syukur yang kita panjatkan kepada Tuhan dengan memelihara karunia indahnya. Banyak kasus yang berhubungan dengan kesehatan mata mulai dari berkurangnya jarak penglihatan hingga kebutaan. Hal ini terjadi karena kesalahan individu tersebut, kurang memperhatikan kesehatan matanya. Ia hanya peduli pada menumpuknya pekerjaan tanpa membiarkan matanya tersebut beristirahat. Padahal, mata merupakan bagian dari tubuh yang memiliki waktu untuk beraktivitas dan juga waktu istirahatnya sendiri.

Hindari Gangguan Penglihatan dengan Menjaga Kesehatan Mata

Gangguan pada mata kerap terjadi karena kebiasaan buruk yang tidak dirubah. Kebiasaan yang sering dilakukan tersebut adalah membaca pada posisi tiduran. Apalagi, di era modern ini ada gadget, baik smartphone maupun laptop yang memiliki cahaya yang tidak terlalu bagus untuk mata lihat dalam waktu yang lama. Baik membaca maupun menggunakan gadget dalam posisi tiduran, selain posisi yang salah, jarak pandang dengan objek pun jadi semakin dekat. Pencahayaan yang dapat membuat mata terganggu dan jarak yang dapat membuat mata tegang dapat memicu penurunan daya penglihatan. Biasanya gangguan kesehatan mata ini disebut rabun atau minus. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan mata sebaiknya membaca buku atau menggunakan gadget dalam posisi duduk. Atur jarak amannya begitu juga dengan pencahayaan di ruangannya. Jangan sampai membaca buku di tempat yang minim cahaya dan memaksakan mata. Begitu mata lelah, sebaiknya Anda tidak melanjutkan aktivitas tersebut. Istirahatkan mata terlebih dahulu. 

Menjaga kesehatan mata pun harus Anda lakukan dengan tidak sering-sering melakukan aktivitas seperti bermain gadget dan menonton televisi. Menggunakan kedua objek yang berpengaruh pada kesehatan penglihatan ini tidak boleh dekat-dekat dan sering-sering. Stress juga menjadi bagian dari penyebab gangguan kesehatan mata. Oleh karena itu, hindari stress dengan cara-cara seperti relaksasi atau melakukan aktivitas yang menghibur yang berhubungan dengan alam seperti berwisata ke tempat dengan pemandangan yang hijau agar mata segar, pikiran Anda pun menjadi tenang.

Terakhir, kesehatan mata juga dipengaruhi oleh nutrisi sebagai faktor dalamnya. Pola makan buruk dapat membuat kesehatan mata terganggu. Makanan harus mengandung nutrisi yang cukup terutama kandungan vitamin A yang berpengaruh besar dalam melindungi mata Anda. Banyak makanan baik itu sayur, daging, maupun buah yang menjadi sumber vitamin A. Misalnya wortel, brokoli, bayam, ikan salmon, hati sapi, tomat, semangka, pisang, atau alpukat. Anda bisa memilih dan mengolahnya sesuai selera. Anda juga bisa menjadikan pemeriksaan mata rutin, idealnya setiap dua bulan sekali sejak dini sebagai bagian dari cara menjaga kesehatan mata.