Tips Praktis Perawatan Tubuh di Rumah


Melakukan perawatan tubuh merupakan hal yang cukup penting untuk menjaga kesehatan penampilan Anda. Ada pepatah yang mengatakan bahwa satu-satunya “rumah” tempat kita tinggal adalah tubuh kita sendiri, merawat tubuh merupakan hal yang paling penting supaya “rumah” kita terjaga. Pepatah tersebut memang ada benarnya. Dengan tubuh yang sehat tentunya kita juga akan nyaman dalam beraktivitas. Melakukan pencegahan sebelum terjadi sakit adalah hal yang lebih baik dibandingkan menunggu untuk melakukan pengobatan setelah terjadi sakit. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah untuk menunjang pemeliharaan tubuh yang sehat. Tentunya ini akan sangat berguna bagi Anda yang memang memiliki masalah mengenai kesehatan tubuh.

Asupan nutrisi yang baik merupakan kunci pertama dari perawatan tubuh yang efektif. Dengan memenuhi kebutuhan makanan yang baik, Anda bisa mendapatkan tubuh yang baik. Vitamin dan mineral merupakan komponen tambahan dari makanan yang akan berfungsi untuk memelihara kesehatan kulit tubuh. Anda bisa menambah porsi ekstra untuk sayuran hijau dan buah-buahan. Pilih jenis makanan yang banyak mengandung vitamin C, E dan A. Vitamin tersebut berguna untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan tentunya membantu melakukan pembersihan dari dalam. Hindari makan makanan instan. Kandungan gizinya yang rendah merupakan masalah utama yang akan menyebabkan Anda tidak efektif dalam melakukan perawatan pada tubuh Anda.

Perawatan Tubuh dengan Cara Sederhana


Anda juga bisa melakukan olahraga ringan di rumah untuk menjaga kebugaran tubuh. Luangkan beberapa waktu untuk melakukan gerakan-gerakan senam sederhana seperti loncat-loncat, push up, sit up dan gerakan senam lantai lainnya. Ini akan membantu tubuh tetap fleksibel dan mudah bergerak. Berolahraga ringan di rumah semacam ini bisa dilakukan setidaknya 15 menit sehari. Ini sudah cukup untuk membuat tubuh tetap bugar dengan kondisi yang prima. Selain melakukan olahraga, Anda juga bisa coba melakukan pijatan-pijatan ringan pada tubuh supaya aliran darah yang ada pada tubuh lancar. Dengan aliran darah yang lancar, tentunya kebutuhan oksigen pada jaringan-jaringan tubuh akan terpenuhi. Ini artinya tubuh akan tetap bugar karena kandungan oksigen terpenuhi. Lakukan pijatan-pijatan ringan di titik-titik seperti leher, pinggang, kaki dan betis.

Yang terakhir, hindari untuk terlalu stres. Stres merupakan masalah utama yang bisa menyebabkan peningkatan kortisol dalam tubuh. Meningkatnya kortisol akan berdampak pada regulasi hormon yang kurang bagus. Cobalah untuk tetap rileks dan selalu luangkan waktu untuk rekreasi. Stres merupakan pemicu utama dalam banyak masalah termasuk masalah kebugaran tubuh. Memiliki tubuh yang sehat dan bugar tentunya akan membuat hari-hari Anda penuh semangat. Kepribadian yang enerjik nampaknya akan lebih banyak menarik perhatian. Itulah mengapa melakukan perawatan tubuh penting supaya Anda tetap sehat dan selalu ceria menyambut hari baru.