Cara Perawatan Wajah Berjerawat untuk Kulit Remaja Secara Benar


Perawatan wajah berjerawat khususnya bagi kulit remaja tidaklah bisa sembarangan. Perawatan untuk kulit ini harus sangat diperhatikan dengan seksama dan hati-hati. Jerawat sendiri adalah merupakan gangguan kulit yang disebabkan oleh peradangan pada kelenjar kulit dan folikel rambut. Karena ini terletak di bawah kulit, membasuh kulit wajah yang berminyak tidak akan memberikan hasil yang maksimal untuk mencegah atau menyembuhkannya. Perawatan untuk wajah berjerawat secara maksimal sendiri dapat terbagi menjadi tiga kategori, yang di antaranya: 

  • Cleansing & Exfoliating
  • Menjaga Kebersihan Kulit Wajah
  • Pengobatan

Cleansing & Exfoliating 

Ada sebuah mitos bahwa setiap orang yang terkena jerawat karena mereka tidak membasuh muka mereka secara bersih dan maksimal. Mencuci wajah dengan lembut adalah penting, tetapi terlalu banyak mencuci dapat membuat iritasi dan komedo, menyebabkan mereka lebih terinfeksi dan membuat jerawat makin cepat bermunculan. 

Untuk memberikan perawatan wajah berjerawat secara maksimal gunakan produk pembersih wajah yang memiliki Benzoyl Peroxide sebanyak 5 persen untuk tetap menjaga kulit bersih dan tidak berlebihan. 

Exfoliating atau mengangkat sel kulit mati juga penting bagi kesehatan kulit wajah. Setelah mencuci wajah dengan pembersih ringan seperti di atas, gunakan face facial scrub satu sampai dua kali seminggu. Ini dapat membantu mengurangi sel-sel kulit mati dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat lebih.

Menjaga Kebersihan Kulit Wajah

Untuk menghindari penyumbatan pada pori-pori kulit wajah Anda, semua kosmetik, lotion, dan tabir surya harus bebas minyak. Untuk menghindari kulit kering, gunakan lotion bebas minyak yang mengandung phospholipids. Untuk menghindari sengatan matahari, gunakan produk yang bebas minyak yang saat ini sudah bisa didapatkan dengan mudah di internet. Dan perlu diingat, untuk menggunakan produk perawatan rambut dan gel, karena mereka cenderung sangat berminyak.

Ketika Anda ingin mencari produk untuk menjaga kebersihan kulit wajah, maka gunakan produk yang berbunyi "noncomedogenic", yang berarti produk ini tidak akan menyumbat pori-pori pada wajah Anda. 

Pengobatan

Untuk pengobatan, carilah produk yang membawa bahan seperti: 

Benzoyl peroxide

Benzoyl peroxide dapat ditemukan dalam banyak obat tanpa resep untuk perawatan wajah berjerawat. Bahan ini akan membunuh bakteri yang memperburuk jerawat, menghentikan saluran minyak dan membantu untuk menyembuhkan jerawat jerawat.

Retin-A

Bahan berikutnya adalah Retin-A. Bahan ini tersedia dengan resep dokter, serta bisa Anda dapatkan di apotek lokal di tempat Anda. 

Antibiotik

Antibiotik tersedia hanya dengan resep dokter saja. Antibiotik dapat membantu untuk mengatasi jerawat yang bengkak dan merah atau jerawat yang kian memburuk dan tidak mempan menggunakan obat lain. Antibiotik membunuh bakteri yang berkontribusi untuk mencegah terjadinya jerawat dan juga komedo. Bahan ini bisa Anda jadikan pilihan terakhir untuk melakukan perawatan wajah berjerawat.