Kiat Praktis Menjaga Kesehatan Kulit Sehari-hari


Menjaga kesehatan kulit merupakan hal yang wajib dilakukan supaya tubuh menjadi tetap kuat dan terhindar dari berbagai macam infeksi. Kulit merupakan bagian dari tubuh yang berfungsi untuk melindungi organ-organ yang ada di dalamnya. Kulit juga berfungsi untuk menerima rangsang dari sekitar, baik itu rangsang berupa rasa sakit, tekanan, panas atau dingin. Bagian tubuh dengan kulit yang paling sensitif diketahui adalah pada bagian ujung jari. Terlepas dari semua itu, kulit juga memiliki jenis yang berbeda-beda. Ini yang memberikan penampilan berbeda-beda untuk beberapa ras manusia. Perlakuan terhadap kulit pun akan berbeda-beda. Kulit dengan jenis sensitif tentunya akan butuh perhatian lebih dibandingkan kulit yang normal. Berikut adalah tips untuk menjaga kulit agar tetap sehat terawat.

Kiat pertama untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan rutin mandi setiap hari. Mandi minimal dua kali sehari akan sangat membantu kulit untuk bersih dan terhindar dari berbagai macam bakteri atau pun penyakit kulit lainnya. Cara mandinya pun harus diperhatikan. Jangan menggunakan jenis sabun yang terlalu keras kandungan kimianya apabila memiliki kulit sensitif. Tanda sabun yang tidak bagus adalah kulit akan terasa kering dan mengelupas. Gunakan sabun berpelembab, ini efektif untuk membuat kulit tetap kenyal dan dalam kelembaban yang alami. Kiat selanjutnya adalah jangan tergoda untuk menggunakan produk pemutih kulit. Warna kulit ditentukan oleh kadar pigmen yang ada di dalamnya. Produk pemutih belum tentu cocok untuk semua jenis kulit. Lebih baik rajin membersihkan kulit supaya kesan lebih cerah akan didapatkan.

Kesehatan Kulit Dipengaruhi Pola Makan


Nutrisi juga turut mempengaruhi kondisi kulit. Sayuran dan buah-buahan merupakan antioksidan terbaik yang mampu membantu untuk membersihkan radikal bebas yang ada pada tubuh. Kandungan vitamin E yang ada pada sayur-sayuran akan sangat membantu tubuh untuk tetap menjaga kulit supaya tetap sehat. Mengurangi makanan pedas dan terlalu banyak lemak juga akan membuat kulit tampak lebih kencang dan kenyal. Selain itu, makanan yang baik adalah makanan yang kaya akan kandungan gizi dan vitamin. Jika membersihkan badan tidak kunjung membuat kulit tampak membaik, maka ada baiknya pola makan harus ikut diubah supaya kulit tetap sehat terjaga.

Demikian beberapa kiat tentang bagaimana cara merawat kulit supaya tetap sehat. Bagaimana pun juga, kulit yang sehat merupakan prioritas utama. Cerah atau tampak berseri merupakan bonus dari memelihara kulit dengan baik. Rajin mandi dengan sabun berpelembab, ditunjang dengan perawatan yang tepat tanpa melibatkan banyak bahan kimia merupakan hal yang paling baik untuk dilakukan. Jangan lupa juga untuk selalu makan makanan bergizi dengan kandungan vitamin E yang banyak. Ini akan meningkatkan kesehatan kulit dengan baik tentunya.