Makanan Makanan Sehat untuk Kesehatan Mata Anda


Kita sebaiknya mengetahui makanan makanan sehat yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Mata merupakan salah satu panca indra dalam tubuh kita yang memiliki peran sangat penting. Dengan adanya berbagai kemajuan dan perkembangan teknologi, banyak orang lupa diri untuk menjaga kesehatan terutama mata. Mereka terlalu asyik dengan penggunaan laptop, gadget canggih, ataupun lainnya tanpa memperhatikan kesehatan mata mereka. Selain itu, lingkungan yang semakin dipenuhi dengan polusi juga bisa memicu timbulnya berbagai masalah pada mata. Dalam hal ini, kita sebaiknya bisa menjaga mata kita dan salah satu langkah yang bisa kita lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang berguna untuk menjaga kesehatan mata dan tubuh kita.

4 Makanan Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Mata


Ikan Salmon

Ikan Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan omega 3 cukup banyak. Mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 lebih banyak seperti ikan salmon bisa memberikan kontribusi positif pada kesehatan mata. Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan salmon bisa membantu mencegah timbulnya gangguan mata kering. untuk mengkonsumsi ikan salmon, Anda bisa membuat menu masakan yang lezat namun tetap sehat. Anda bisa mengolahnya sebagai shushi, membuat abon, ataupun olahan ikan salmon lainnya yang diminati keluarga Anda.

Wortel

Sejak dulu, wortel merupakan salah satu makanan makanan sehat yang dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Wortel memiliki kandungan beta karoten cukup tinggi yang nantinya oleh tubuh bisa diolah menjadi vitamin A. Vitamin A merupakan vitamin yang berperan untuk kesehatan mata. Selain itu, wortel juga bisa membantu tubuh untuk melepaskan berbagai radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Wortel bisa diolah menjadi berbagai menu makanan seperti juz, sup, bahkan kue lezat yang sangat disukai anak-anak. Membiasakan konsumsi wortel akan sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, namun hendaknya juga tidak berlebihan.

Coklat Hitam

Ya, coklat hitam ternyata juga menjadi salah satu makanan makanan sehat yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Bila kebanyakan orang mengenal coklat hitam menjadi salah satu makanan pilihan untuk berdiet, kini, Anda juga bisa mengenalnya sebagai salah satu makanan makanan sehat untuk menjaga kesehatan mata. Coklat hitam mengandung flavonoid  yang berperan untuk melindungi pembuluh darah yang ada pada mata sehingga retina dan kornea mata menjadi semakin kuat.

Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh termasuk mata. Brokoli mengandung lutein dan zeaxanthin sebagaimana yang terdapat pada bayam dan telur. Zat ini berperan untuk melindungi mata dari paparan sinar U serta mencegah resiko katarak.

Menjaga kesehatan tubuh khususnya mata tentu tak hanya dengan memiliki pola hidup yang sehat. Makanan yang dikonsumsi setiap hari hendaknya juga makanan sehat yang kaya akan nutrisi guna membantu menjaga kesehatan. Makanan yang disebutkan di atas bisa menjadi beberapa contoh makanan makanan sehat yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata.