Sepuluh Tips Sehat Untuk Ibu Hamil


Pola hidup sehat sebaiknya segera diterapkan oleh ibu hamil yang membutuhkan asupan gizi yang seimbang dan terbaik, baik untuk diri maupun janin yang sedang dikandungnya. Artikel ini bermaksud memberikan beberapa macam tips sehat untuk ibu hamil, yang bisa diterapkan dengan mudah dan tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar. 

Tips sehat untuk ibu hamil akan memaparkan sejumlah tips yang kami pandang berguna untuk mereka yang menginginkan janin dan bayi yang sehat. Berikut beberapa macam tips yang bisa diterapkan. 

Sepuluh Tips Sehat Untuk Ibu Hamil


Berikut beberapa tips sehat untuk ibu hamil yang bisa diikuti untuk kemudian diterapkan dengan seefisien mungkin. 

  1. Melakukan olahraga secara teratur, dengan cara berjalan santai mengelilingi rumah selama 30 menit. 
  2. Minum banyak air putih, setidaknya delapan gelas per hari. Ini akan membantu tubuh membuang racun dengan maksimal. 
  3. Catatan kehamilan menjadi penting, oleh karenanya setiap ibu hamil sebaiknya membuat catatan tersebut, yang fungsinya penting, terutama untuk mencatat perkembangan kehamilan dari minggu ke minggu. 
  4. Obat kimia mungkin mujarab untuk mengatasi mual, namun ibu hamil sebaiknya mencari alternatif lain seperti buah-buahan dan makanan lain. 
  5. Ibu hamil mesti menyediakan banyak waktu untuk beristirahat dan tidur, sehingga ia punya lebih banyak energi untuk melakukan lebih banyak kegiatan. 
  6. Perempuan hamil mesti menghindari aktivitas yang sangat berat, seperti misalnya mengangkat beban yang terlalu berat. Hindari rasa lelah berlebihan yang malah akan berakibat buruk pada janin (bisa menyebabkan keguguran). 
  7. Perempuan yang berusia lebih dari 35 tahun, dan sedang hamil, mesti memperhatikan janinnya dengan benar. Berilah perhatian lebih pada janin dan kesehatan tubuh. 
  8. Wanita hamil mesti menghindari interaksi dengan hewan, terutama ketika hewan tersebut belum mendapatkan vaksin. Lebih jauh lagi, jangan bersihkan kandang hewan sendirian. 
  9. Wanita hamil mesti menghindari kontak dengan sejumlah bahan kimia berbahaya seperti pembersih lantai beraroma keras maupun pembersih keramik. 
  10. Jika tubuh mudah lemah dan jatuh sakit, maka ada baiknya untuk meminta multivitamin dan resep tambahan kepada dokter kandungan Anda. 

Selain sepuluh tips di atas, patut diingat bahwa asupan makanan dan pemilihan menu yang tepat menjadi sesuatu yang juga krusial bagi ibu hamil. Memakan banyak buah dan sayuran hijau adalah langkah yang tepat, yang dimaksudkan untuk menjaga jumlah asupan gizi, vitamin, dan mineral yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil. 

Memperhatikan sejumlah tips sehat untuk ibu hamil seperti yang sudah disebut di atas, kita bisa melihat bahwa pada dasarnya seorang wanita hamil bisa dengan mudah menjaga kesehatan janin dan dirinya. Sepuluh plus satu tips di atas adalah sesuatu yang bisa dilakukan dengan biaya murah.