Mengapa Harus Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita


Harus disadari bahwa kesehatan reproduksi wanita adalah salah satu elemen yang sangat penting yang secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap kualitas kehidupan. Memang menjaga kesehatan sistem reproduksi membutuhkan usaha sekaligus pengetahuan agar bisa mendapatkan hasil yang optimal. Wanita juga harus mengetahui hal – hal penting yang berkaitan dengan sistem reproduksi, termasuk di dalamnya berbagai gangguan kesehatan yang mungkin menyerang organ reproduksi wanita dan tentu saja cara untuk menjaga kesehatan organ tersebut. dengan memiliki bekal pengetahuan yang cukup, maka para wanita akan memiliki kesadaran tentang pentingnya menjaga organ reproduksi yang secara otomatis akan meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kesehatan organ reproduksi mereka yang pada akhirnya akan membantu mereka untuk terhindar dari berbagai penyakit maupun gangguan kesehatan reproduksi dan bahkan melahirkan dan menumbuhkan generasi baru yang sehat.

Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita


Pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi wanita adalah salah satu bagian paling dasar yang harus diketahui dan dipahami karena setiap bagian dari sistem reproduksi wanita memegang peranan masing – masing yang sangat vital. Sistem reproduksi wanita terdiri atas beberapa bagian utama, yaitu vagina, leher rahim atau serviks yang merupakan jalur sperma untuk masuk ke tuba dan melakukan pembuahan. Ada pula ovarium atau indung telur yang berfungsi memproduksi sel telur atau ovum dan beberapa jenis hormone. Tuba atau falopi adalah tempat di mana pembuahan terjadi dan akan menjadi tempat bagi embrio untuk berkembang. Rahim akan menjadi tempat bagi embrio untuk berkembang selama kurang lebih 9 bulan. Sedangkan payudara adalah organ yang akan memproduksi sumber nutrisi pertama bagi bayi setelah dilahirkan.

Kesehatan reproduksi wanita dapat didefinisikan sebagai suatu keadaan menyeluruh dari sistem serta proses reproduksi yang sehat dan normal. Pada wanita, kesehatan sistem reproduksi akan berkaitan erat dengan seluruh sistem dan proses reproduksi yang mereka miliki. Sekali lagi, pentingnya menjaga kesehatan sistem reproduksi adalah hal yang wajib untuk disadari, dipahami sekaligus dilakukan karena akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan dan berimbas pada kualitas hidup itu sendiri. Menjaga kesehatan sistem reproduksi akan memberikan berbagai manfaat, termasuk di dalamnya terhindar dari berbagai masalah yang mengganggu kinerja organ reproduksi dan terhindari dari penularan penyakit menular seksual atau PMS. Tingkat keseuburan optimal pun akan bisa dicapai.

Ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan oleh wanita untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi mereka, termasuk menerapkan gaya hidup sehat dan menjaga berat badan seimbang. Hal itu secara langsung akan mempengaruhi pola makan dan membantu menghindarkan diri dari konsumsi bahan makanan yang mengandung zat – zat berbahaya atau tidak sehat. Melakukan hubungan seksual yang aman, dengan tidak berganti – ganti pasangan juga adalah satu langkah penting yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita.