Pentingnya Menjaga Kesehatan Sistem Reproduksi Wanita


Menjaga kesehatan sistem reproduksi merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Pasalnya, keadaan sistem reproduksi akan berimbas kepada kondisi kesehatan secara keseluruhan. Kesehatan sistem reproduksi wanita bisa diartikan sebagai suatu keadaan sehat pada keseluruhan organ reproduksi dan proses reproduksi yang normal. Dalam hal ini, kesehatan sistem reproduksi bukan hanya bebas dari penyakit akan tetapi juga meliputi bagaimana wanita dapat memiliki kehidupan seksual yang aman.

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Sistem Reproduksi Wanita

Menjaga kesehatan sistem reproduksi wanita bisa dilakukan dengan cara yang cukup mudah, berikut adalah beberapa di antaranya menurut para pakar kesehatan:
  • Setelah buang air kecil maupun air besar, bersihkan bagian luar vagina dengan menggunakan air bersih dari depan ke belakang. Hal ini agar sisa air seni maupun kotoran yang dapat menyebabkan bakteri dapat tersapu hingga benar – benar bersih.
  • Saat siklus menstruasi datang, sangat dianjurkan agar wanita mengganti pembalut sesering mungkin terutama saat darah haid banyak keluar.
  • Sebisa mungkin, hindari penggunaan shower gel atau sabun pada bagian vagina karena dapat mengakibatkan vagina menjadi kering, iritasi bahkan munculnya rasa gatal. 
  • Jangan memasukkan jari ke dalam vagina meski tujuannya ingin membersihkan bagian dalam vagina karena hal itu dapat menghilangkan bateri lactobacilli dan bisa mengakibatkan iritasi bahkan lecet yang berujung infeksi.
  • Sebelum maupun sebelum berhubungan intim, bersihkan vagina dengan air bersih dan buang air kecil setidaknya setengah jam setelah berhubungan. Cara ini akan dapat menurunkan resiko terkena infeksi saluran kencing.
  • Ganti celana dalam sekurang – kurangnya dua kali dalam sehari. Apabila mengalami keputihan, sebaiknya gunakan panty liner. Saat hendak tidur, ada baiknya ganti celana dalam dengan yang sedikit longgar agar bagian vagina mendapatkan sirkulasi udara dan darah dengan lancar.
  • Waspada jika mengalami keputihan yang tidak normal seperti bau tidak sedap, cairan kental berwarna kekuningan atau kehijauan, rasa gatal dan nyeri. Segera periksakan ke dokter untuk mengetahui dan mendapatkan penanganan lebih lanjut.
  • Sebaiknya jangan menggunakan produk pembersih vagina karena bisa mengakibatkan iritasi dan kering.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Menjaga kesehatan sistem reproduksi wanita juga harus didukung dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Makanan sehat memegang peran penting dalam kesehatan tubuh, termasuk istem reproduksi. Perbanyaklah sayur dan buah – buahan.
  • Hindari makan makanan cepat saji atau yang mengandung lemak jenuh. 
  • Olahraga secara teratur juga sangat dianjurkan agar kesehatan organ reproduksi terjaga, termasuk elastisitas otot kewanitaan. Untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi, olahraga yang dipilih tidak harus berat, cukup dengan berjalan atau berlari sekurangnya 30 menit setiap hari, maka tubuh akan senantiasa sehat dan bugar yang akan berpengaruh kepada kondisi organ kewanitaan.