Cara Mudah Menjaga Kesuburan Wanita dan Pria


Usia adalah salah satu faktor terpenting dalam hal kesuburan wanita dan pria. Menurut berbagai penelitian yang dilakukan di seluruh dunia, kesuburan atau fertilitas memegang peranan kunci dalam hal kehamilan. Dalam banyak kasus, pasangan suami istri seringkali gagal memiliki momongan karena mereka tidak mampu menjaga kesuburan atau fertilitas. Oleh karena itu, bagi Anda pasangan yang ingin memiliki momongan, menjaga kesuburan adalah hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin program Anda bisa segera memberikan hasil.

7 Cara Menjaga Kesuburan Wanita dan Pria

Selain faktor usia, kesuburan wanita dan pria juga dapat dijaga melalui beberapa cara, berikut adalah beberapa di antaranya menurut para ahli:


  • Usia dan kesuburan

Seperti yang sudah dijelaaskan di atas, usia memegang penanan yang sangat penting dalam hal kesuburan. Di jaman modern seperti saat ini, banyak orang memilih untuk menunda memiliki momongan dengan berbagai alasan. Patut untuk diketahui bahwa keputusan semacam itu bisa sangat berbahaya karena kesuburan atau fetilitas akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya umur. Normalnya, pria dan wanita akan sangat subur saat memasuki usia 20an. Pada wanita, kesuburan akan dengan cepat menurun saat usia memasuki 35 tahun. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkannya, namun yang paling umum adalah jeleknya kualitas sel telur yang diproduksi oleh indung telur. Sedangkan pada pria, kesuburan akan menurun saat memasuki usia 40 tahun, meski banyak pria di usia 50 tahunan masih subur. 


  • Menghindari Penyakit Menular Seksual atau PMS

Beberapa PMS, termasuk Chlamydia dan gonorrhea dapat merusak tuba falopi sehingga mengakibatkan wanita sulit mendapatkan keturunan.


  • Hindari rokok

Penelitian menemukan bahwa wanita yang menghabiskan 20 batang rokok dalam sehari akan memasuki masa menopauses 2 tahun lebih cepat dari seharusnya. Sementara itu, pria yang merokok akan memiliki kualitas sperma yang buruk.


  • Berat badan

Berat badan juga berkaitan erat dengan kesuburan wanita dan pria. Baik berat badan berlebih maupun kurang akan dapat menyebabkan infertilitas. Telah ditemukan fakta bahwa berat badan lebih atau obesitas dapat memicu timbulnya penyakit Polycystic Ovary Syndrome atau POCS yang dapat mempengaruhi kesuburan.


  • Menghindari minuman beralkohol

3 – 4 gelas alcohol setiap hari diketahui dapat merusak kualitas sperma pria. Sedangkan pada wanita hamil, alcohol bisa mengakibatkan janin lahir premature bahkan cacat.


  • Dinginkan testis

Menurut penelitian, testis harus 1 atau 2 derajat lebih dingin dibandingkan bagian tubuh lain. “Mendinginkan testis” bisa dilakukan dengan cara mengenakan celana dalam yang tidak terlalu ketat dan menghindari mandi dengan air hangat.


  • Hindari paparan bahan kimia berbahaya

Banyak penelitian menemukan fakta bahwa beberapa bahan kimia diketahui dapat menurunkan kesuburan wanita dan pria.