Enam Cara Menjaga Kesehatan Kewanitaan


Kesehatan Miss V merupakan sesuatu yang perlu diperhatikan oleh setiap wanita. Sayangnya tidak banyak wanita yang mau dengan serius menjaga daerah kewanitaannya itu. Meski demikian, perkaranya barangkali bukan karena tiadanya kemauan, melainkan karena para wanita belum tahu bagaimana cara menjaga kesehatan kewanitaan, terutama di bagian payudara maupun di bagian Miss V. Dilihat dalam lingkup yang lebih luas, area vital seperti Miss V adalah bagian yang seharusnya mendapatkan perhatian yang serius. Miss V yang tidak terawatt dengan baik, tidak bersih, dan juga lembab, merupakan sarang bagi kemunculan berbagai macam penyakit. Di titik ini, penting bagi para wanita untuk menyadari bahwa kebersihan serta daerah Miss V yang kering merupakan dua poin yang penting.

Artikel ini akan menjabarkan beberapa hal penting yang harus dilakukan guna menjaga kesehatan kewanitaan. Pada dasarnya, seorang wanita tidak perlu panik bila mendapati cairan putih keluar dari Miss V-nya. Kondisi tersebut biasanya disebut keputihan, dan ini merupakan kondisi normal yang biasa dialami oleh setiap wanita. Meski demikian, segalanya tidak akan menjadi normal ketika cairan putih keluar dalam jumlah yang banyak. Ada banyak cara untuk mengindari keputihan berlebih, dan dengan demikian, ada banyak cara untuk menjaga Miss V supaya tetap bersih dan tidak lembab.

Sejumlah Tips Untuk Menjaga Kesehatan Kewanitaan

  1. Ada beberapa langkah untuk menjaga kesehatan kewanitaan, dan semuanya perlu dilakukan dengan seksama. Perlu dicatat bahwa menjaga kesehatan area Miss V tidaklah sulit, sebab yang diperlukan adalah ketekunan. Dan berikut beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para wanita:
  2. Menggunakan pakaian dalam berbahan katun maupun sutra. Keduanya bisa menyerap keringat dengan baik, dan pada gilirannya bisa menghindarkan Miss V dari kelembaban berlebih. 
  3. Ketika membersihkan Miss V, sebaiknya pilih sabun khusus untuk area tersebut, yang mengandung pH 3.5 – 4.5. Sabun khusus bisa menjaga tingkat keasaman pada Miss V, menghindarkannya dari kemunculan bakteri dan kuman. 
  4. Antiseptik untuk Miss V bukan merupakan sebuah produk yang terlarang. Namun beberapa kasus menunjukkan bahwa produk tersebut bisa menyebabkan iritasi. Oleh karena itu sebaiknya para wanita berkonsultasi dulu kepada dokter sebelum menggunakan produk tersebut.
  5. Menghindari penggunaan wewangian di bagian Miss V akan membantu Anda terhindar dari masalah yang bisa disebabkannya, seperti iritasi. 
  6. Gantilah pakaian dalam sesering mungkin, untuk menghindari iritasi pada area sekitar Miss V dan juga mencegah timbulnya bakteri. 
  7. Gantilah pembalut setiap 2 jam sekali guna menghindari kelembaban. 
Enam cara untuk menjaga kesehatan kewanitaan seperti yang sudah disebut di atas sangat mudah diterapkan. Satu hal lagi, jangan pernah meremehkan kebersihan diri Anda sendiri. Dalam kaitannya dengan Miss V, poin tersebut menjadi sangat penting.